Air Panas Guci Bakalan Jadi Lautan Manusia Di Akhir Pekan Nanti

Diposting pada

Air panas guci – Halo sobat cari info, sudah tau kah wisata yang satu ini yang berada di tegal. Yaitu wisata pemandian air panas guci tegal. Ternyata wisata guci ini, salah satu wisata yang paling dikenal di tegal loh. Untuk lokasi wisata tepatnya di desa guci, kecamatan bumijawa kabupaten tegal jawa tengah. Untuk rute lokasi wisata dari pusat kota, jaraknya kurang lebih 30 Km. Jika anda menggunakan kendaraan motor, kurang lebih memakan 1 jam.

Wisata pemandian air panas guci tegal

air panas guci
Jepretan andyportnoy

Legenda pemandian air panas guci

Alkisah diceritakan pada zaman dahulu. Konon katanya ada kampung yang bernama keputihan, dimana kampung tersebut mengalami paceklik sulit pangan. Warganyapun banyak yang terjangkit penyakit, sangat menderita pokonya waktu itu. Akhirnya sunan gunung jati mengirimkan utusannya, untuk membantu warga sekitar. Beliau mengutus bantuan ke kampung keputihan, yang bernama elang suka jaya. Elang suka jaya membawa air didalam guci, yang telah didoakan sunan gunung jati. Air tersebut lalu dipercikan keatas tanah, sisanya dibagikan untuk diminum warga yang sakit.

Alhasil dengan perantara air tersebut, tanah subur kembali dan wargapun sembuh. Ajaibnya air yang dipercikan diatas tanah itu, menjadi sumber air yang terus mengalir. Sejak saat itulah kampung keputihan berganti nama, menjadi “GUCI”. Itulah sedikit legenda dari kampung guci ya.

Daya tarik OW Guci

Apa sih yang menjadi daya tarik wisata di pemandian air panas guci ini, sahabat cari info simak yuk. Wah ternyata disini anda bisa menyewa kuda, untuk berkeliling menikmati indahnya kawasan guci loh. wahana berkuda ini, memiliki jalur pedestarian khusus loh. jadi tidak menganggu pengunjung lain, yang berlalu lain dikawasan tersebut. Seru kan sobat, di wisata guci juga terdapat wahana sepeda gantungnya loh sobat.

Curug jedor

Wah ternyata dalam kawasan pemandian air panas guci ini, ada tempat wisata air terjunnya loh. sudah pada tahu belum?, namanya curug jedor sobat. Curug jedor ini berada dilokasi yang cukup tersembunyi loh sobat, wah jadi serem. Tenang sobat, untuk akses masuk curug jedor ini, sudah bagus ko sobat.

Kepoin yuk : Wisata Kali Rambut Jatinegara Tegal Wisata Baru Di Jatinegara Tegal

Jika anda ingin menikmati jedor ini dengan gratis alias tidak dipungut biaya, sobat harus datang di hari biasa. Namun jika sobat pas banget datang di hari libur, mau ga mau harus bayar ya sobat. Tenang harga tiket masuknya cuman Rp. 5.000 saja per orangnya. Airnya sangat jernih dan dingin banget sobat. Saat musim kemarau, debit airnya berkurang sobat. Namun untuk sensasi spot selfie disini, sangat natural sekali deh sobat.

Sejarah curug jedor

Konon nama curug jedor ini, diambil dari suara percikan air terjun yang jatuh diatas batu. Mungkin bunyi percikan air mengenai batu disana, bunyinya jedor jedor ya sobat. Weleh ada-ada ja ya sobat. Menurut pengelola curug jedor sendiri, jedor itu satu-satunya air yang menggunting atau membelah air kaligung dari gunung slamet. Setelah menjepit kali konyal, lalu dari konyal turun jedor. Setelah dari jedor sampai ketiwon tegal, tetap membawa kaligung.

Pemandian air panas guci

Tau ga sih sobat, lokasi yang menjadi favorit untuk beremdam air panas di guci ? . weleh-weleh ternyata ada yang difavoritkan juga ya, pengen tahu ga sobat. Ternyata yang menjadi favorit para pengunjung, adalah pancuran 13 dan pancuran 5 loh sobat. Jika sobat datang kesini, sama ga ya kaya mimin sensasinya. Cari info yuk pemandian air panas guci, biar saat berkunjung kita bisa jajal semuanya. Berikut tempat pemandian air panas di guci.

Jepretan @okto_aspon

Pancuran 13 (Sendang kaligung)

Pemandian air panas guci menjadikan pancuran 13 ini, sebagai primadona wisata air panas. Karena pancuran panas ini memiliki banyak khasiat, sekalipun pancuran 13 ini masih terbuka (mandi bareng-bareng). Didalam pancuran 13 ini, terdapat 3 kolam besar dengan 13 pancuran serta kolam kecil. Dari 13 pancuran ini, ternyata mempunyai suhu yang beragam. Ditambah lagi ada air terjun, dengan suhu yang lumayan dingin. Jadi enak toh, kita bisa bermain air panas, dan juga bisa air dingin. Maknyus pokoknya. Untuk htmnya pancuran 13, Rp. 7.500 hari libur dan Rp. 5.000 hari biasa.

Pancuran 5 (Pandan sari)

Pemandian dengan 1 kolam serta mempunyai 5 pancuran ini, air panasnya cukup stabil dan aliran airnyapun cukup melimpah. Ditambah pemandian pancuran 5 pandan sari ini, terdapat kolam di sebelahnya yaitu kolam renang mini. Untuk suhu airnya sendiri, terkadang sampai 42 derajat selsius. Kebanyakan dari pengunjung biasanya tidak hanya mandi atau berenang saja, namun sebagai terapi pengobatan. Lokasi pancuran 5 ini tidak jauh dari parkiran air panas guci, atau dengan pancuran 13.

Sudah tau belum : 5 Tempat Wisata Lagi Hits Di Jawa Tengah Yang Wajib Dikunjungi

Pancuran 7

Pemandian air panas pancuran 7, sama halnya seperti pancuran 13. Pemandian air panas guci disini tidak private alias terbuka, jadi tidak dibatasin berapa orangpun yang mandi disini. Air panasnya masih alami. Dulunya pancuran 7 ini gratis, namun kesini-sini jadi bayar. Akhirnya kami tidak jadi deh. Karena tempatnya tidak seimbang dengan kapasitas orang, dibandingkan dengan pancuran 13 mah. Tiket masuk pancuran 7, Rp. 7.000 hari libur dan hari biasa Rp.5.000.

Hot water boom guciku

Kolam Renang hot water boom guciku, merupakan destinasi wisata paling populer di guci tegal. Karena fasilitas wisata guci tegal ini, sudah komplit sekali dengan berbagai wahana. Fasilitas guciku diantaranya :
a. Wahana outbound di dalam kolam renang, contohnya jaring ketangkasan. Ini terdapat dikolam khusus dewasa.
b. Dikolam renang terdapat sudah difasiltasi ember tumapah, perosotan dan wahana anak lainnya.
c. Kolam renang mini, di dalam gazebo. Apa gazebo ada kolam renang mininya ya. Ya gitu deh
d. Gazebo untuk istirahat
e. Penginapan

harga tiket masuk guciku Rp. 35.000 untuk hari biasa, sedangkan untuk hari libur Rp. 40.000. harga tiket masuk tersebut untuk dewasa maupun anak-anak sama. Untuk anak-anak bayar tiket masuk guciku, sudah mencapai 3 tahun ya sob. Kalau belum umur 3 tahun ya gratis, asyik.

Pemandian air panas guci tertutup

Pemandian air panas guci tertutup, memiliki 20 kamar dengan fasilitas bathub. Jadi satu kamar hanya bisa di tempati 1 orang saja. Sangat private sekali, dan cocok sekali bagi anda yang ingin relaksasi sendirian. Di pemandian air panas tertutup ini terdapat 1 kolam renang anak juga. Jika anda berkunjung ke pancuran 5, nah disebelahnya pemandian air panas guci tertutup. Anda cukup membayar Rp. 5.000 saja.

Kolam Renang Barokah

Kolam renang ini bisa menjadi Alternatif, bagi anda yg ingin lebih nyaman menikmati pemandian air panas jika pemandian umum sudah padat. Kolam renang barokah ini memiliki 1 kolam utama, dan 1 kolam khusus anak-anak. Anda bisa menikmati kolam renang barokah dengan tiket masuk cukup murah. Rp. 15.000 bagi dewasa dan Rp. 10.000 untuk anak anak. Untuk tempat cukup strategis, berhadapan persis dengan pintu masuk pemandian umum pancuran 13. Fasilitasnya ada kamar bilas, kamar ganti dan mushola.

Kolam renang duta wisata guci

Kolam renang ini berada di hotel duta wisata tegal jawa tengah. Dimana sebagai fasilitas orang yang ingin menginap. Hotel duta wisata guci ini mempunyai kolah renang dewasa dan anak-anak. Kolam renang dewasa dengan kedalaman 1 meter, sedangkan untuk anak-anak setengah meter.

Kolam Renang Graha Tirta Ayu (GTA)

Pemandian air panas yang berada di kawasan OW guci tegal ini, mempunyai kolam renang anak dan dewasa. Fasilitasnya terdiri restaurant, kamar bilas, parkir luas, area shoping dan wahana kuliner khas guci.

Tiket masuk air panas guci

Untuk anda yang ingin berendam air panas, beuh cukup murah sekali ternyata. Anda cukup membayar Rp. 7.500 sobat. Inilah tiket masuk wisatanya.

Tiket masuk wisatawan lokal
DewasaAnak-anak
Senin – jum’at ( Weekday)Rp. 5.000
Sabtu – minggu ( Weekend)Rp. 7.500Rp. 5.000
Tiket masuk wisatawan mancanegara
Senin – jum’at ( Weekday)Rp. 100.000
Sabtu – minggu ( Weekend)Rp. 150.000
Note : Tiket masuk pemandian air panas guci bisa berubah, sesuai kebijakan pengelola wisata

Air panas yang berada di di guci ini, ternyata sumbernya dari lereng gunung slamet sobat. Air mengalir ketempat-tempat yang sengaja dibuat untuk mandi. Airnya pun ternyata hangat sekali, cocok sekali deh kalau lagi musim hujan begini. Dan asyiknya lagi aman buat anak kecil, karena airnya tidak terlalu bau belerang. Weleh-weleh, ternyata dahulunya area pemandian ini pernah dijadikan puja semedi. Namun saat ini, pengelola fokuskan hanya untuk tempat wisata.

Kepoin juga : 87 Tempat wisata di bandung yang reviewnya bagus

Manfaat berendam di air panas

Berendam dikolam air hangat ternyata banyak sekali manfaatnya sobat. Jadi pas banget deh berwisata di air panas guci, coba deh khasiat dan manfaat air panas guci. Diantaranya :
a. Suhu air panas akan menghilangkan stress
b. Mengeluarkan racun di tubuh
c. Mengobati flu dan sakit kepala
d. Melancarkan sirkulasi darah dan insomnia

wisata air panas guci jawa tengah
Jepretan @hermawan_andria25

Tapi lagi-lagi jangan kelamaan ya sobat, dianjurkan cukup berendam sekitar 15 menit saja ya. Karena kalau terlalu lama bisa menyebabkan penyakit kulit. Jika sudah puas berendam, coba deh jajan sate kelinci. Khas banget deh satenya, pastinya perut akan kenyang deh. Waktu bulan kemaren makan sate kelinci seharga Rp. 80.000/ kodi, sudah plus sama lontongnya.

Wahana baru di guci

Sobat cari info sudah tahu belum, tenyata di guci ada wahana baru loh. Yaitu kereta gantung, wah perlu sobat coba nih. Kereta gantung ini berjarak sekitar 200 meter, wah seru deh sobat. Sobat bisa melihat pemandangan kawasan guci dengan jelas, so pasti pemandangannya seger banget deh. Lalu lalin orang di bawah sana, serta kolam renang yang eksotis terlihat jelas. Perlu sobat tahu deh, untuk bisa naik kereta gantung ini maksimal 4 orang yah. Jadi kalau kebetulan sobat membawa sanak keluarga, perlu dibagi-bagi ya. Untuk menikmati kereta gantung ini, sobat cukup membayar Rp. 20.000/orangnya. Untuk pembayaran tiket wahana, bisa dilakukan saat sobat lagi ngantri yah.

Info penginapan di guci menjelang akhir pekan

Sobat perlu tahu nih, jika sobat yang sudah mengagendakan liburan akhir pekan di guci. Info dari depertemen pariwisata tegal, bahwa pengunjung akhir pekan meningkat pesat. Dari data yang diperoleh, sejumlah tempat penginapan di guci sudah banyak yang booking untuk akhir pekan. Para wisatawan sudah jauh-jauh hari, membooking penginapan yang berada di guci.

Rata-rata para pengunjung, untuk booking penginapan melalui online. Sekitar 80% penginapan di guci, sudah terisi semua. Sementara penginapan di guci kurang lebih sekitar 94 penginapan. Mulai dari 7 hotel, 12 villa dan 75 home stay. Kabarnya saat menjelang liburan nanti, tarif biaya penginapan akan naik sekitar 25%. Mulai dari 10 desember 2018, hingga 2 januari 2019.

Wisata ziarah guci

Selain kita bertujuan wisata, alangkah baiknya mengutamakan ziarah di tempat ziarah di guci tegal. Jadi niatnya ziarah dulu, baru refresing ke guci. Tempat ziarah di guci jawa tengah diantaranya :
– makam mbah mayakerti tegal jawa tengah
– Ki gede sebayu
– Pangeran angawana ( ki ageng anggawana)
– Pangeran purbaya
– Sayyid syarif abdurrahman (Mbah panggung)
– KH. Armia
– KH. Sa’id bin KH. Armia
– Alhabib muhammad bin Thohir Alhaddad

Jalur ke guci tegal peta

Informasi tentang rute perjalanan ini, mungkin banyak sekali yang bertanya-tanya. Maka dari itu kami, ada sedikit pencerahan untuk mendistribusikannya disini. Berikut dari beberapa kota, yang sering berwisata ke guci tegal.

Semarang

kalau dari semarang lebih baik lewat jalur pemalang randudongkal, jadi gak muter. kemacetan saat liburan ke OW guci, rata-rata terjadi di tikungan bukit siwuni. Karena memang tikungan tajam dan berkelok. tapi kalo dari semarang lewat jalur pemalang randudongkal, tidak melewati bukit siwuni sehingga terhindar dari kemacetan.

Bekasi

Ini info dari teman-teman yang menggunakan transportasi umum. Katanya kalau dari bekasi menggunakan angkutan bus, dibandingkan dengan kereta apai. Jika terpaksa menggunakan bus, ada 2 alternatif yang bisa anda gunakan.
– kalau naik bus turun di pacific mall, terus naik bus atau angkutan umum lagi lalu turun di yomani. Lalu naik angkutan umum lagi menuju ke twa guci.
– Dari bekasi naik bis jurusan tegal, lalu turun di terminal. Lanjut naik transportasi bus kecil atau elef, jurusan tegal bumijawa. Terus anda turun di pertigaan tuwel, lanjut naik angkutan bak terbuka sampai ke wisata air panas guci. Kalau bingung dari terminal, mending menggunakan transportasi online ya sobat.
Dengan menggunakan kereta api, biar tidak memakan waktu dan ga ribet. Anda bisa turun di stasiun tegal, dan lebih effisien tinggal pesan go car atau grab menuju guci. untuk estimasi bisa memakan waktu cuma 5,5 jam.

Subang

Jika anda menggunakan mobil pribadi, ada 2 jalur ke guci tegal.
1. Keluar tol Tegal, lalu lurus ke selatan.
2. Keluar tol Pejagan, belok kanan (ke selatan). Ikuti arah ke Ketanggungan-Jatibarang (Brebes). Ada pertigaan ambil arah Balapulang. Setelah sampai Balapulang, ambil kiri arah Slawi/Lebaksiu. Lalu ambil kanan alah Guci, ada penunjuk arah ke guci.

Jalur terdekat dengan guci

Puwokerto

Dari purwokerto bisa ambil arah bumijawa, atau ke desa banjaranyar ke arah timur menuju desa kalibakung trus bojong dan guci.

Tegal

Dari tegal menuju yomani ke kalibakung, bojong dan ke guci.

Pemalang

Dari pemalang lewat belik menuju bojong trus ke guci