Keindahan Air Terjun Sedudo Nganjuk Jawa Timur Yang Penuh Mitos

Diposting pada

Air terjun sedudo nganjuk diceritakan banyak mistis di segelintir wisatawan. Namun wisata air terjun ini, tetap ramai dikunjungi. Air terjun sedudo itu dimana sih sobat? Nah lokasi air terjun sedudo ini ada diwilayah ngaliman, kecamatan sawahan nganjuk jawa timur.

Disini udaranya sangat dingin sekali, karena wisata air terjun ini termasuk dataran tinggi di kabupaten nganjuk. Rute untuk menuju tempat wisata kurang lebih 1-2 jam dari pusat kota, itu jika menggunakan motor.

Jika menggunakan kendaraan roda empat, kemungkinan bisa lebih lama lagi. Karena kondisi jalan yang berbelok-belok, jadi rawan macet. Tapi tenang sobat, jalannya udah mulus karena sudah beraspal semua.

Air terjun sedudo nganjuk

Air terjun sedudo nganjuk
Jepretan @pictman_

Sahabat cari info, sedudo itu dalam bahasa indonesia artinya “duda”. Konon katanya, kalau pacaran di kawasan air terjun sedudo ini maka akan putus. Entah itu mitos atau benar, karena mimin belum pernah pacaran disini ya. Hehe.. tapi kalau sobat ga percaya, ayo dicoba kebenarannya.

Kepoin yuk : 5 Tempat wisata instagrameble di jawa timur

Tiket masuk air terjun sedudo

Untuk anda yang ingin berlibur ke sedudo waterfal nganjuk, sobat pastinya aneh sekali kalau baru lagi kesini. Karena objek wisata air terjun sedudo, sudah banyak perubahan loh sobat. Saat anda sudah nyampe tempat wisata, anda langsung memesan tiket ya.

Nanti disana sudah ada yang nungguin para petugasnya. Awas jangan sampe hilang ya tiket wisatanya, karena nanti akan ada pegecekan tiket wisata. Untuk membayar biaya parkir kendaraan, nanti sobat jalan lurus baru deh ada petugas parkiran.

Untuk harga tiket masuk cukup ramah kantong sekali sobat. Anda cukup membayar tiket masuk Rp. 10.000 per orangnya. Dan unutuk biaya parkirnya, cukup Rp. 2.000 kendaraan roda dua. Sedangkan untuk roda empatnya, cukup dengan Rp. 5.000 saja.

Tenang sobat untuk parkiran motor, bisa langsung ke lokasi wisata ya. Jadi anda bisa langsung menuruni anak tangga, untuk menuju wisata air terjun sedudo nganjuk. Untuk anak tangganya sendiri lumayan lebar, jadi tidak usah takut ga cukup ya. Tapi tetap berhati-hati ya, apalagi kalau musim hujan begini.

Tiket masuk sedudo
WeekendRp. 10.000
WeekdayRp. 5.000
Biaya parkir kendaraan
MotorRp. 2.000
MobilRp. 5.000

Keindahan air terjun sedudo nganjuk

Saat ini wisata air terjun banyak sekali pengunjungnya, apalagi kalau hari libur. Apa sih yang sebenarnya menjadi daya tarik para wisatawan, sudah pastinya air terjun ya sob. Namun air terjun disini ternyata, mempunyai ketinggian kurang lebih 150 meter. Waw tinggi juga ya.

gambar air terjun sedudo nganjuk
Jepretan @widakeong

Wah disini juga tidak hanya bisa menikmati wisata alamnya saja sobat. Sobat juga bisa menikmati wisata kulinernya loh. Jika sobat belum pernah nyoba makanan khas limanan ini, wah pas banget deh makan disini dengan nuansa alam. Khas makanan yang jual disini diantaranyam nasi jagung kaloborasi ikan asin dan urab. Beuh mantepnya ya sobat. Tidak hanya itu loh sobat sepanjang aliran sungai dikawasan air terjun ini, terdapat banyak warung-warung atau ruko. Rupa-rupa jajanan yang di tawarkan, mulai cemilan hingga baju untuk renang loh sobat.

Wisata kediri : Dadapan One Stop Holiday (DOSH) Wisata Kediri Yang Terbaru

Fasilitas air terjun sedudo

Untuk anda yang datang kesini, ga usah khawatir fasilitas air terjun sedudo nganjuk. Karena untuk fasilitasnya sendiri sudah lumayan komplit diantaranya.

a. Kolam renang
Untuk kolam renang sendiri, ada di bawah air terjun. Jadi untuk anak-anak lebih aman bermain di area sini saja. Brr,,, airnya dingin banget deh.

b. Gazebo
Yang suka makan bareng sama teman atau keluarga, beuh mantep nih ngumpel di gazebo. Meskipun tidak banyak gazebonya, namun lumayan lah untuk sekedar makan-makan.

c. Kamar mandi (MCK)
Bagi anda yang ingin berenang, sudah disediakan untuk ganti baju dan mandi setelah bermain air.
d. Mushola
e. Pos Kemanan
f. Tempat parkiran

Mitos dan legenda air terjun sedudo nganjuk

Konon katanya air terjun ini, turun kayangan. Mitosnya kalau mandi dibawah air terjun sedudo ini, bisa bikin awet muda loh sobat dan disembuhkan dari segala penyakit. Kalau ga percaya atau tidak, ya silahkan saja. Tapi yang jelas disini ada perayaan 1 tahun sekali, dimana ada perayaan setiap tanggal 1 syuro.

Ritual siraman sedudo

Masyarakat limanan masih menjaga adat dan kebudayaannya. Baik yang tua dan muda, semuanya antusias ikut merayakannya. Dalam perayaan tersebut ada namanya penyiraman wanita muda cantik, dibawah air tejun sedudo. Ritual penyiraman ini biasanya dipimpin oleh sesepuh desa, sebagaimana mulai dari tata cara siraman sedudo dan bunga 7 rupa ini ditebarkan ke air terjun. Lalu barisan penari memasuki air terjun, dilanjtukan penyerahan air suci. Air suci ini di guyurkan, pada penari cantik yang berambut panjang. Ternyata air suci ini, sebelumnya sudah diendapkan selama semalaman.

ritual siraman sedudo
Jepretan @dinda_sandraa

Tujuan dari ritual ini untuk membersihkan diri dan memperdekat jodoh bagi para penari. Syarat untuk bisa ikut ritual siraman ini, harus wanita yang masih lajang atau perawan. Dan juga mempunyai rambut panjang, wah ga sembarangan juga ya sobat.

Saat ini tradisi siraman air terjun sedudo, menjadi andalan untuk mendatangkan wisatawan. Jadi sobat cari info, selain bisa menikmati alam sobat juga bisa melihat ritual siraman. Tapi tiap tanggal 1 syuro ya sobat, awas jangan salah.

Kepoin juga : Taman Berantas, Taman Hijau Kediri Dengan Konsep Yang Unik

Heboh air terjun sedudo jadi pasir

Para wisatawan dan netizen di kejutkan, dengan terjadinya air terjun sedudo berubah warna. Tidak hanya berubah warna menjadi hitam pekat, namun airnyapun bercampur pasir.

Wisatawan terhera-heran dengan kejadian ini, lalu ada wisatawan yang mendokumentasikannnya. Sampai viral di sosial media, dengan kejadian aneh ini. Akhirnya tempat wisata ini menjadi pengawasan polisi setempat.

Setelah diketehui penyebabnya, ternyata sumbernya dari kejadian kebakaran hutan di atas terjun waktu lalu. Jadi saat curah hujan yang lebat, abu tersebut terangkut air hujan dan mengalir di air terjun sedudo nganjuk. Durasi kejadian ini, berlangsung selama 30 menit.

Kejadian ini terjadi pada tanggal 8 dan 9 november 2018 waktu lalu. Tidak ada korban dan kerusakan pada kawasan air terjun sedudo ini. Namun sisa pasri dan air pekat hitam ini, mengotori kawasan disekitarnya.

Wisata nganjuk

Jepretan @tyaskusuma135

Itulah wisata alam air terjun sedudo, yang mungkin bisa menjadi referensi liburan akhir pekan nanti. Masih banyak tempat wisata nganjuk yang bisa anda kunjungi, mulai dari wisata alam, wisata taman dan wisata museum. Berikut wisata nganjuk yang bisa menjadi agenda liburan nanti.

– Museum anjuk ladang
– Air terjun waduk perning (Telogo selo)
– Air terjun Coban unut dan sekartaji
– Air terjun grojogan roro kuning atau Air Terjun Pring Jowo
– Air terjun singkromo
– Bukit watu lawang
– Gunung wilis
– Goa Dan Grojogan Putri Ayu
– Bukit salju ngetos
– Taman pandan wilis
– air terjun sumber manik ngetos nganjuk
– pemandian air panas jatikalen nganjuk
– Grojogan Duwur Sumbermiri Lengkong
– Dan masih banyak lagi wisata nganjuk lainnya

Berlibur di akhir pekan sangat dinanti, pastinya anda perlu butuh tempat istrahat. Dan jika satu hari full menyisir wisata nganjuk, capenya minta ampun. Nah ini sedikit info untuk daftar harga hotel di nganjuk.

1. Hotel wilis nganjuk
2. Hotel 99 kertosono
3. hotel sanggrahan sawahan nganjuk
4. hotel nirwana nganjuk
5. hotel istana nganjuk
6. hotel djaya nganjuk
7. hotel shinta kabupaten nganjuk jawa timur
8. hotel mataram nganjuk

Sekian info air terjun sedudo, semoga artikel ini membantu anda dalam pencarian tempat wisata di nganjuk. Selalu utamakan keselamatan, dan jaga selalu kelurga anda. Sampai ketemu dirumah ya.