Curug Baligo Destinasi Wisata Majalengka

Diposting pada

Curug baligo majalengka merupakan curug yang sangat indah sekali, kawasan yang masih begitu asri. Pepohonan yang begitu rimbun, dan suasana yang sejuk saat pertama mengunjunginya. Curug baligo dengan nama lain curug ciguntur ini, memiliki pesona yang berbeda dengan curug majalengka lainnya. Curug yang dikenal curug ciguntur ini, dahulunya curug baligo. Dinamakan Curug baligo, mungkin keberadaan curug ini, terletak di dikampung baligo.

curug baligo
Jepretan @atiknurbaeti

Curug baligo itu curug cigentur

Curug baligo atau curug baliho sudah dikenal dari sejak 2010, namun keberadaan curug ini masih belum banyak yang mengetahuinya. Curug yang sudah dibuka buat umum ini, pada sejak 2010 masih belum ada jalur untuk lintasan sampe ke curug utamanya. Maka jika ingin mengunjunginya harus membawa parang sendiri, untuk membuka jalur sendiri.

Curug yang belum terekspose ini akhirnya bisa dikelola juga, mulai pembenahan dari akses jalan terutamanya. Jalan dari parkiran sampai curug pertama sudah berjalankan plesteran. Meskipun saat ini jalan akses ke curug pertama ini, cukup hanya berdua. Semoga semakin terkenal, semakin bisa kendaraan masuk langsung kecurugnya.

curug cigentur
Jepretan @dzicryy

Curug baligo berupaya lebih baik demi bisa menjadi curug terbaik di wisata majalengka. Curug yang dikenal saat ini curug cipeuteuy, dan curug muara jaya menjadi andalan wisata majalengka. Curug yang tidak jauh dari curug baligo, yaitu curug leles rajagaluh mulai dikembangkan. Situ cikuda, cadas gantung dan curug tonjong mulai rame dikunjungi untuk wisata majalengka.

Rute jalan menuju curug baligo

Air terjun baligo terletak di dusun baligo, desa padaherang, kecamatan sindangwangi kabupaten majalengka jawa barat. Untuk menuju wisata curug baligo ini, tidak jauh dari perbatasan kabupaten majalengka dan kabupaten cirebon. Dengan jarak kurang lebih 23km meter dari majalengka, sobat bisa mengunjungi curug cigentur ini.

Jalur yang bisa sobat tempuh, melalui jalur rajagaluh-cirebon. Sobat harus belok menuju desa lengkong kulon dan soban akan menemukan gapura desa lengkong kulon. Ikuti jalan sampai menemukan pertigaan, dan sobat ambil jalur kiri dan akan menumukan kantor balai desa lengkong. Jalan terus ada tanjakan, dan sobat akan menemukan tulisan atau penanda curug ciguntur atau curug baligo. Tempat wisata curug baligo ini dekat sekali dengan wisata talaga pancar.

Kepoin yuk : Green Canyon Wisata Majalengka Curug Ibun Pelangi

Harga tiket masuk dan parkiran curug cigentur

Untuk bisa menikmati curug baligo ini, sobat dikenakan tarif Rp. 10.000 sudah berikut biaya parkir. Untuk parkiran masih di pelataran rumah warga, jadi untuk tempat parkir ini terbatas. Mungkin untuk kendaraan motor 2 bisa dapat banyak, tapi untuk mobil sangat minim sekali. Jadi diusahakan untuk menggunanakan kendaran roda 2.

curug-baligo-majalengka

Jalan menuju curug dari pakiran, membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Dengan jarak sekitar 400 meteran. Akses menuju curug sudah di pelester, sobat akan menikmati pematangan sawah selama perjalanan.

Fasilitas yang ada di curug baligo ini belum memadai, seperti mushola, toilet dan ruang ganti belum ada. Tapi untuk beristirahat dan ngopi bareng sudah ada tempat duduk permanen di curug ketiga.

Daya tarik curug baligo majalengka

Curug baligo atau curug ciguntur ini, memiliki daya tarik pikat yang mempesona. Dengan curug yang mempunyai 4 undakan itu, memiliki aliran yang berbeda. Curug baligo merupakan aliran dari sungai padabeunghar kuningan, aliran yang lumayan jauh dari sumber mata air padabeunghar ini.

Cari Info Yuk : Tempat wisata Paraland yang lagi hits di majalengka

Curug yang pertama yang kita temui, merupakan hilir dari curug utamanya. Curug kecil ini memiliki tinggi 2 meteran, dan terdapat kolam setinggi lutut. Warga sekitar terutama wilayah sindangwangi timur ini, menjadikan sumber air untuk pengairan sawah.

Curug kedua merupakan terusan juga, dan mempunyai dataran yang lumayan luas. Untuk mengunjungi curug ke dua ini, harus manaiki tangga yang sudah dibeton. Diarea curug kedua ini, merupakan lintasan air, dengan batu-batu yang kecil hingga besar. Saat musim hujan datang, batu ini berlumut. Jadi hati-hati saat berkunjung kesini, karena untuk menuju curug ke dua ini tidak ada jalan khusus. Kita harus melompat dari batu kebatu. Curug kedua ini juga tidak terlalu tinggi, sekitar 2 meter lebih.

curug-baligo-cigentur
Jepretan @naelaafwah

Curug yang ketiga ini tempat yang paling ramai dikunjungi. Curug yang memiliki kolam ini, menjadi wahana bermain yang mengasyikan. Curug yang kurang lebih 3 meter ini, memiliki spot foto yang bagus. Selain berenang juga kita bisa istirahat sambil ngobrol-ngobrol. Dengan adanya kursi permanen dan ditumbuhi pohon yang rindang, menjadi nyaman sambil bersantai. Disini terdapat batu yang besar, dan biasanya menjadikan spot foto para instagenic.

Yang terakhir yaitu curug utama, yaitu curug yang memiliki ketinggian kurang lebih 30 m. Curug yang memiliki ceruk/kolam dibawahnya. Ceruk yang dalam ini, dihimbau untuk tidak berenang. Di curug utama ini, jarang sekali orang mengunjunginya.