Curug Cilutung Talaga Obyek Wisata Di Majalengka Yang Menarik

Diposting pada

Curug cilutung talaga merupakan salah satu air terjun yang mempunyai banyak nama. Curug cilutung yang mempunyai potensi agrowisata di majalengka ini masih terus dikembangkan. Curug cilutung talaga dikenal banyak pengunjung dengan sebutan curug emas, curug ciranca dan curug campaga. Masyarakat sekitar juga masih bingung untuk menamakan curug tersebut.

Curug campaga talaga ini mecoba berbenah, mencoba maju seperti curug lainnya di majalengka. Curug tonjong menjadi salah satunya yang saat ini lagi dikelola. Situ sangiang yang masih di talaga ini juga menjadi tempat pariwisata yang sudah banyak pengunjungnya. Ada curug cibali, tapi bukan di bali ya. Dan juga ada curug puntang, dengan air terjun yang sangat waterfall sekali.

curug cilutung blok ranca desa talaga kulon kecamatan talaga kabupaten majalengka jawa barat
Jepretan @Amore Rsf

Kecamatan talaga memang mempunyai banyak sejarah, hingga ahli peneliti sejarah yaitu bapak tatang m. Amirin menggalinya. Beliau adalah dosen tetap di universitas negeri yogyakarta (UNY). Beliau merupakan kelahiran majalengka, namun sekarang menetap diyogyakarta. Namun untuk saat ini kami belum mempunyai info tentang bapak tatang ini. Kami sangat salut dengan bapak tatang, bisa menggali sejarah majalengka. Jadi jika sobat ingin tahu sejarah majalengka, bisa berkunjung ke website https://tatangmanguny.wordpress.com. Cari info yuk keseruan dan sejarah curug cilutung talaga ini.

Wisata alam curug cilutung talaga majalengka

curug cilutung talaga atau curug campaga merupakan, curug yang terus menerus mengalir sekalipun musim kemarau tiba. Justu waktu terbaik untuk berkunjung ke curug emas ini waktu kemarau. Jika musim penghujan debit air akan besar, dan airnya juga keruh kecoklatan. Maka curug ini dikategorikan curug permanen, karena debit air kecil saat kemarau.

Cari info yuk : 7 Tempat Wisata Keluarga Selain Kampoeng Air Majalengka

Curug cilutung talaga majalengka ini sangat indah sekali saat kemarau, dengan bebatuan yang cukup unik dari mulai air terjun hingga sungainya. Bebatuan yang menjulang tinggi sperti bukit, suka dijadikan spot foto selfie. Dan bebatuan dibawah curug, enak buat ngadem dan seringkali dijadikan botram.

sungai-curug-cilutung
Jepretan @by Ali muhammad jauhar

Curug yang memiliki ciri segmented ini, menjadi daya tarik wisata tersendiri. Karena bebatuan dialiran sungai cilutung ini membelah lintasan aliran sungai, sehigga air yang turun seirama. Curug cilutung ini juga dikategorikan block, karena Musim penghujan akan deras debit airnya yang mengaliri aliran sungai yang lebar. Sedangkan saat turun atau disebut air terjun, saat musim penghujan akan besar debit air terjunnya. Jadi curug cilutung talaga ini bisa dikategorikan cataract, dengan ketinggian 20 meter.

Daya tarik curug ciranca talaga majalengka

Pemebenahan yang terus menerus curug ciranca talaga ini. Mulai dari akses menuju curug, dan pembangunan wahana di area curug cilutung talaga. Jadi sobat selain menikmati air terjun atau curug ada wahana yang sudah dikembangkan. Saat lebaran kamarin curug cilutung ini sangat ramai dikunjungi, pengunjung sangat menikmati objek wisata di talaga ini.

cari info yuk : Curug baligo destinasi wisata majalengka

Dengan bekerja samanya, antara pengelola dan pemdes desa talaga kulon terwujudnya pembenahan. Akses jalan menuju curug cilutung talaga ini, sudah dibenahi dengan tangga yang sudah dicor. Tangga tersebut sudah diberikan pagar, untuk safety saat turun dan naik para pengunjung. Fasilitas parkir yang memadai, yang berawal tanah sekarang sudah pelesteran. Penyediaan sarana sanatasi sudah disebarkan ditaman bermain anak, sehingga sampah-sampah tidak berserakan.

Air terjun adalah objek wisata pertamanya. Namun jika sobat membawa keluarga dan anak-anak, ada beberapa wahana yang bisa memanjakan keluarga. Sekarang sudah disediakannya kolam renang anak-anak dan juga ada saung gazebo sebagai tempat istirahat. Jika sobat suka mancing, di curug cilutung talaga ini disediakan pemancingan ikan.

wisata-kolam-renang-anak-curug-cilutung
Jepretan @Amore Rsf

Semoga kedepannya untuk curug cilutung talaga tini bisa sebagai pariwisata terpadau. Objek wisata yang cukup luas ini bisa dijadikan bumi perkemahan, seperti bumi perkemahan curug leles. Lahan kosong yang kurang lebih 1.000 meter ini, sayang sekali jika tidak dimanfaat untuk buper bagian sebelah barat curug.

Sejarah curug emas atau curug cilutung talaga

Curug yang memiliki beberapa nama ini, mungkin ada kaitannya dengan sejarah dalam penamaan curug. Kita coba cari info yuk, penamaan curug yang dikenal para pengunjung.

1. Curug cilutung

Asal usul Pemberian nama curug cilutung masih masuk akal, karena curug cilutung ini merupakan aliran dari sungai cilutung. Curug cilutung berhulu dari gunungsirah kec. Dharma kab. Kuningan. Sedangkan hulu gunungsirah ini dari aliran gunung ciremai.

Curug cilutung ini memiliki banyak sejarah, kaitannya dengan sejarah desa kadipaten. Dan ada beberapa mitos dari curug cilutung ini di sumedang, tentang mitos legenda ratu pelet marongge sumedang.

curug cilutung talaga
Jepretan @Amore Rsf

Dikutip dari https://tatangmanguny.wordpress.com ada sejarahnya tentang ratu sunyalarang dengan curug cilutung talaga. Berikut kutipanya, “sungai cilutung merupakan tempat pemakaman ratu dewi sunyalarang, tepatnya di tepi sungai cilutung. Namun setelah dimakamkan kekhawatiran terjadi, karena tepi sungai rawan terkikisnya oleh debit air yang besar apalagi saat musim hujan. Dan pada akhirnya demi keamanan, diminta untuk dipindahkan.

Pemakaman ratu dewi sunyalarang sekarang, dimakamkan di pemakaman keluarga raden natakusumah. Tepatnya pemakaman tersebut di cikuray, pemindahan tersebut oleh raden acap kartadilaga pada tahun 1959 M. Dibawah pepohonan yang besar, pemakaman ratu dewi sunyalarag, tepatnya di luar bangunan utama sebagai tempat penziarahan yang ditandai sebatang pohon rotan”.

2. Curug emas

Sebutan dari curug emas ini, kami belum menemukan sejarah atau mitos dengan penamaan curug emas. Jika dikaitkan dengan sejarah curug emas sumedang, mungkin karena curug cilutung menjadi satu dengan sungai cimanuk yang berhulu kabupaten garut. Di aliran cimanuk ini terdapat situs curug emas , dimana situs curug emas ini tempat bokor emas. Dan mungkin pada akhirnya curug tersebut dinamakan curug emas, karena masih satu aliran dengan curug emas sumedang.

3. Curug campaga

Pengambilan nama curug campaga juga, mungkin karena keberadaan curug tersebut ada di perbatasan desa campaga. Sungai cilutung ini merupakan batas wilyah desa campaga dengan desa maekarhurip. Sungai cilutung ini menjadi batas dari pemekaran desa campaga. Sejarah curug cempaga menjadi bagian dusun sidahurip yang ada di campaga. Kini sidahurip menjadi desa mekarhurip. Sedangkan sidahurip sebagai dusun dari mekarhurip.

4. Curug ciranca

Curug ciranca ini pengambilan dari suatu tempat, dimana keberadaan curug tersebut ada di blok ciranca. Ciranca merupakan blok atau dusun dari kel/ desa talagakuon kecamatan talaga.
Dari keempat nama tersebut lebih dikenal para pengunjung, mayoritasnya dikenal curug cilutung. Namun warga masyarakat talaga dan sekitarnya, lebih dikenal curug campag a.

Alamat curug campaga majalengka

Lokasi curug cilutung talaga dari kota majalengka, lumayan jauh sekitar 28 KM menuju curug cilutung. Curug ciluntung talaga berada di blok atau dusun ciranca. Kel/ Desa Talagakulon Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka Jawa Barat.

Harga tiket masuk curug cilutung talaga

Tiket masuk wisata curug cilutung talaga Rp. 5.000/orang untuk dewasa, sedangkan untuk anak-anak Rp. 2.000/ orang. Untuk biaya parkir Rp. 2.000 untuk motor, sedangkan untuk mobil Rp. 4.000.

Peta lokasi curug cilutung talaga majalengka

Peta ini diambil dari google map, google map sendiri mengambil gambarnya tahun 2015-2017. Jadi ada kemungkinan dari bangunan rumah ada yang berbeda, namun untuk jalan pastinya sama. Peta petunjuk tersebut, merupakan rute dari tempat wisata museum talaga manggung ke curug cilutung talaga.

peta-lokasi-curug-campaga-talaga
sumber : google map

Itulah tempat wisata majalengka yang berada di kecamatan talaga, yang saat ini mencoba berpartisipasi mendukungnya majalengka kota pariwisata. Curug cilutung atau campaga ini akan menjadi maju, jika pengunjung menjaga keasrian temat wisata. kami himbau sampah no 1, buanglah pada tempatnya. Sekian dari kami, tentang curug cilutung talaga obyek wisata di majalengka yang menarik.

Oo ia, sahabat bisa membaca referensi curug lain selain curug cilutung talaga di cariinfoyuk.com. Sudah kami bahas tentang tempat wisata di majalengka, dan mungkin anda tertarik untuk mengunjungi. Sobat bisa mengetikan atau copy paste di pencarian website kami dengan judul yang kami sediakan yang diantaranya.

kotak pencarian cariinfoyuk
Kotak pencarian artikel

1. Bumi Perkemahan Curug Leles Majalengka Sindangwangi
2. Curug baligo destinasi wisata majalengka
3. Curug Tonjong Rajagaluh Majalengka Yang Potensial
4. Curug Sempong Sidamukti Majalengka Jawa Barat
5. Keasrian Curug Santang Pelangi Dekat Curug Sawer Kabupaten Majalengka
6. 7 Tempat Wisata Keluarga Selain Kampoeng Air Majalengka
7. Paraland Majalengka, Destinasi Wisata Yang Lagi Hits Di Majalengka
8. Ternyata 7 Curug Sawer Yang Ada Di Indonesia Banyak Pengunjungnya
9. Curug Cipeuteuy Majalengka, Spot Wahananya Banyak Yang Baru Loh
10. Curug Muara Jaya Majalengka Tebarkan Pesona Keindahan
11. Kampoeng Air Majalengka Wisata Terbaru Dengan Konsep HALAL
12. Keindahan Wisata Majalengka Dengan Green Canyonnya Goa Lalay

Salam cariinfo, kami selalu untuk anda.