Curug Muara Jaya Majalengka Tebarkan Pesona Keindahan

Diposting pada

Curug muara jaya majalengka merupakan curug dari seribu curug yang ada di kecamatan argapura kabupaten majalengka. Sobat akan menikmati keindahan curug dan bisa ngecamp disini. Curug muara jaya atau curug apuy ini banyak di lintasi para pe- goes sepeda, karena merupakan rutenya. Rute para pegoes biasanya start di bukit jomblo cemplo – bukit sawiyah – track cross sangiang – bukit panyaweyan – hingga berakhit di curug muara jaya. Dari kelehan ngegoes, bisa menikmati indahnya curug muara jaya.

Keindahan Curug Muara Jaya Majalengka (Curug Apuy)

Hidden paradise tidak salah jika majalengka mempunyai julukan itu, banyak wisata alam yang ada di majalengka yang tidak tahu akan ke indahan wisata alamnya, curug muara jaya majalengka salah satunya, keindahan yang tersembunyi membuat tak banyak orang yang tahu. Padahal sepanjang jalan akan menikamati hijaunya perkebunan warga, dan sesampainya disuguhi air yang bening dan dingin.

curug muara jaya majalengka
Jepretan @irsyadwaluyo

Tempat wisata lain yang dilalui saat menuju curug muara jaya diantaranya : curug embun pelangi serta green canyonya goa lalay dan kampoeng air wisata terbaru (soft opening setelah lebaran).

Tapi sebelum sobat bisa menikmati curug ini, sobat harus menempuh jarak yang lumayan jauh dari parkiran. Sobat harus menuruni ratusan tangga, dengan jalan yang masih alami jalan tanah. Tapi sesampainya disana sobat akan hilang rasa jerih payah yang di lalui. Itulah curug sebenarnya, karena namanya juga masih alami berarti harus ada pengorbanan.

curug-muara-jaya-majalengkaa
Jepretan @ubech91

Curug muara jaya majalengka merupakan curug bertingkat, dipapan petunjuk tercantum nama curug 1 dan curug 2. Curug tingkat 1 dengan ketinggian 60 m sedangkan untuk curug tingkat kedua 13 m. Sebelum sampai ke curug terdapat tempat istirahat yang cukup luas, dengan bangku-bangku panjang bambu, 2 buah pendopo, serta beberapa warung dan penjual cinderamata.

Dilokasi ini pemandangan terbuka lepas ke jurang di belakang warung, serta bukit menjulang di seberang sana. Didepan curug terdapat toilet mini dengan 2 kamar. Toilet umum terdapat di gerbang masuk, dan juga ada mushola kecil di belakang loket karcis.

Mitos curug muara jaya majalengka

Curug muara jaya majalengka dikenal dengan sebutan curug apuy, karena lokasinya ada di desa apuy. Kalau menurut beberapa bahasa nusantara (indonesia) kata apuy artinya api. Belum tahu pastinya kenapa desa apuy dinamai apuy, karena di prasasti geger hanjuang, tidak di bahasa sundakan satu-satu jadi belum jelas artinya. Apa mungkin apuy argapura ada api dari gununng ciremai. Terus nama curug muara jaya asal muasalnya apa ya. Padahal muara itu ada dipinggir laut ya.

Rute menuju lokasi curug muara jaya majalengka

Perjalanan bisa ditempuh dengan mobil, asal hati-hati saat berpapasan karena jalan sempit. Dibeberapa lokasi pemandangan alam pegunungan sangat indah, dengan tikungan leter S (batu rokut) yang menantang. Dari jalan raya tidak ada angkutan umum menuju ke lokasi curug, kecuali jika pas banget ketemu mobil pickup yang mengangkut sayuran para warga hanya bayar Rp. 3.000.

pengunjung umum bisa naik ojek sekitar Rp. 8.000 atau sewa angkot dari terminal Maja di pinggir jalan raya. lokasi curug kira-kira 200 m dari gerbang masuk, melalui jalan semen dengan kombinasi tangga dilokasi yang agak curam. Sepanjang jalan yang berliku-liku, terdapat beberapa warung, sehingga pengunjung bisa istirahat sambil menikmati minum atau makanan kecil, serta pemandangan alam sekitar.

Ditengah jalan menuju curug terdapat persimpangan, yang kekanan menuju curug sedangkan kekiri menuju camping ground di hilir sungai. Antara curug dan lokasi kemping jaraknya kira-kira 100 m, dihubungkan dengan jalan setapak dengan 2 jembatan bambu di atas sungai.

Harga Tiket masuk curug muara jaya majalengka

Tiket masuk dewasaRp. 15.000
Tiket masuk Anak-anakRp. 5.000
Biaya parkir motorRp. 3.000
Biaya parkir mobilRp. 5.000
Biaya camp (kemping)Rp. 3.500