Curug Tonjong Rajagaluh Majalengka Yang Potensial

Diposting pada

Curug Tonjong Majalengka

Curug tonjong majalengka – Tempat wisata majalengka masih banyak yang belum kita eksplore, padahal masih puluhan curug di majalengka yang siap memanjakan mata sobat. Curug di majalengka yang sudah kita bahas diantaranya, curug pelangi majalengka, curug muara jaya, curug sawer, curug santang pelangi, curug sempong dan curug cipeuteuy.

Curug majalengka tersebut banyak sekali pengunjungnya, apalagi waktu hari libur. Saat ini curug menjadi tempat wisata yang familiar, tidak seperti dulu karena mitos akhirnya tidak berkunjung. Wisata curug menjadi objek wisata penyejuk dari segala kepenatan. Bermain air menjadi populer dibandingkan berjalan ke mall.

curug tonjong majalengka
Jepretan @chiwong23

Curug kali ini mejadi topik pembahasan adalah curug tonjong rajagaluh. Curug yang masih tergolong asri dan air jernih, menjadi destinasi para kalangan kaula muda. Cari info yuk untuk keseruan di curug tonjong rajagaluh majalengka ini.

Curug tonjong ternyata tidak hanya di majalengka saja sobat. Curug tonjong terdapat di brebes dan tasikmalaya jawa barat. Curug tonjong rajagaluh merupakan destinasi wisata alternatif selain dari situ janawi, situ cikuda, wisata situ cipanten, dan curug sawer kabupaten majalengka jawa barat.

Curug tonjong rajagaluh wisata majalengka yang potensial

Wisata majalengka menjadi sorotan para traveller saat ini, dan menjadi agenda wahana wisata keluarga. Tak henti untuk mencari wisata yang yang terdapat di majalengka, sehingga menjadi penasaran untuk menggalinya.

Tempat wisata majalengka hampir semuanya di benahi, demi mendukungnya bandara internasional jawa barat (BIJB). Agendanya pemda 5 kecamatan menjadi sorotan untuk dibenahi, terutama yang banyak tempat wisatanya.

Salah satu tempat wisata yang menjadi target pengelolaan, yaitu curug tonjong rajagaluh. Curug tonjong majalengka mulai dikelola dengan baik, namun saat ini curug agak sepi pengunjungnya. Padahal curug tonjong rajagaluh ini, mempunyai aliran yang panjang.

curug-tonjong-rajagaluh
Jepretan @kholielrahman_br

Sebenarnaya curug tonjong majalengka adalah curug buatan, dimana curug ini aliran dari sungai cikadondong. Meskipun hanya aliran, tetapi untuk kejernihan airnya masih terjaga. Bebatuan besar dan pohon rimbun menjadi pelengkap wisata, sehingga suasana kealamian sangat mendukung untuk menghilangkan kepenatan kita.

Objek wisata curug tonjong rajagaluh, masih dalam kawasan gunung ciremai. Curug tonjong desa teja di kelola oleh kompepar dan taman nasional gunung ciremai (TNGC). Luas kurang lebih 1 hektar dan mempunyai ketinggian 5 m ini, menjadi pilihan alternatif sebagai wisata keluarga atau berwisata selfie.

Sejarah atau mitos curug tonjong majalengka

asal usul curug tonjong majalengka masih simpang siur, dan tempat ini masih mempunyai karomah. Misteri curug tonjong majalengka yang diungkap para netizen, sebenarnya tidak bisa dibenarkan. Karena apa yang terjadi di tragedi curug tonjong majalengka ini, tidak ada kaitannya dengan mistis atau mitos.

Tragedi curug tonjong majalengka, menelan korban di curug tonjong. Kalau diungkap oleh misteri dua dunia ini, tidak ada kaitannya dengan makhluk penunggu curug. Menurut para penunggu makhluk astral “ kami tidak akan mengganggu manusia, melainkan jika manusia merusak alam sekitar. Manusia mati melainkan karena takdir allah, jikapun dia menjadi korban melainkan mereka yang lupa sama allah”.

Alamat lokasi curug tonjong majalengka

lokasi curug tonjong majalengka terletak di desa teja kecamatan rajagaluh kabupaten majalengka. Tepatnya di blok senin yang tidak jauh dari kecamatan rajagaluh. Untuk menempuh jarak ke tempat wisata kurang lebih 7 KM.

curug-tonjong-rajagaluh-wisata-majalengka
Jepretan @java_boy08

Jam buka curug tonjong rajagaluh

Untuk jam operasional curug tonjong majalengka ini, buka setiap hari. Mulai jam 08.00 sampai 17.00 WIB.

Waktu yang sering dikunjungi

Waktu terbaik relatif dengan tujuan sobat. Jika ingin ramai, maka hari libur menjadi terbaik untuk sobat. Jika sobat ingin menyendiri dan membuat vlog lebih baik di hari biasa atau kerja.

Harga Tiket masuk curug tonjong majalengka

harga tiket masuk curug tonjong saat pertama kali datang kesana, sebesar Rp. 10.000 per orangnya. Itu sudah berikut tempat parkir kendaraan. Atau htm Rp. 8.000 dan Rp. 2.000 untuk biaya parkir. Sobat bisa membeli tiket di loket wisata, sebelah kanan pintu masuk.

Tempat parkir untuk mobil dekat pelataran rumah warga, jadi untuk menuju tempat wisata harus berjalan kaki dulu. Untuk akses jalan kaki sudah beralaskan pelesteran, jadi ga licin ko sobat. Sedangkan untuk parkiran motor ada didekat loket pembayaran tiket.

Daya tarik curug tonjong rajagaluh majalengka

Curug tonjong memiliki kekhasan sendiri, dimana ada jembatan yang melintas di aliran sungai curug tersebut. Dulu jembatan tersebut hanya terbuat dari serangkain bambu, namun sekarang sudah di buat dari kayu dan besi serta pondasi cor yang kuat. Tujuan jembatan tersebut untuk akses meuju puncak curug.

Selain sebagai akses, terkadang jembatan ini sebagai sebagai spot foto selfie. Wahana dan fasilitas memadai terus di perbaharui, demi kenyamanan para pengunjung. Sebagai spot foto di curugnya terdapat patung seorang perempuan yang berpakaian kerajaan.

Fasilitas sudah dikembangkan, dengan adanya toilet, tempat ruang ganti, dan mushola menjadi prioritas bagi pengunjung. Warung jajanan juga sudah banyak, mulai dari dekat parkiran hingga di area lokasi sudah berjajaran. Sebagai fasilitas penghibur adanya panggung hiburan, cocok bagi sobat ada acara family gathering. Selain itu juga ada gazebo, saung-saung dan kolam renang khusus anak-anak.

curug-tonjong-rajagaluh-wisata-majalengka

Dilokasi ini ada terdapat bukit, yang benar-benar menyerupai kepala burung garuda. Dengan pemandangan yang asri dan sejuk, cocok buat sobat untuk berkunjung. Namun perlu hati-hati, karena untuk menuju puncak garuda ini. Medan yang agak terjal dan masih tanah di jalan ke bukitnya.

Rute perjalanan curug tonjong majalengka

jalan menuju curug tonjong majalengka tidak jauh dari jalan raya desa teja. Jika sobat sudah memasuki desa teja, maka sobat akan memenui baliho atau gapura disebelah kiri.

a. Transportasi umum

Dengan kendaraan umum sobat bisa menggunakan angkot berwarna kuning, menuju pasar rajagaluh. Untuk sampai ke lokasi tidak kendaran roda empat, namun alternatif lain bisa menggunakan ojeg.

b. Transpotasi pribadi

Untuk sobat menggunakan kendaraan pribadi, terutama mobil perlu ekstra hati-hati saat sampai di baliho wisata. karena jalanya sempit. Jika sobat menggunakan google map, maka peta curug tonjong sudah akurat.