Gunung Bromo Malang Jawa Timur, Gunung Para Pecinta Pendaki

Diposting pada

Gunung Bromo – Halo sobat cariinfoyuk.com, apa yang sobat pikirkan saat mendengar kata Bromo? Masyarakat sekitar mungkin akan berpikir tentang Bakso, yaitu Bakso Bromo khas Kota Malang Malang. Namun yang akan kami bahas bukanlah sebuah bakso, melainkan sebuah obyek wisata Gunung yaitu Gunung Bromo di Kota Malang. Gunung Bromo merupakan Gunung Api yang aktif sampai saat ini. Lokasi Gunung Bromo berada di perbatasan Kabupaten Lumajang, Malang, Pasuruan dan Probolinggo Jawa Timur. Gunung bromo memiliki ketinggian, mencapai 2.392 meter diatas permukaan laut (mdpl).

Gunung Bromo

gunung bromo
Jepretan @okilde

Gunung Bromo merupakan incaran para wisatawan, karena memang Gunung tersebut memiliki pesona dan keindaahan yang hanya didapat di Gunung tersebut. Para pendaki Gunung yang mendaki Gunung Bromo tidak hanya wisatawan lokal saja namun wisatawan asing juga banyak yang berminat. Selain itu didekat Gunung Bromo juga terdapat Gunung Batok (2.470 mdpl), Gunung Kursi (2.581 mdpl), Gunung Watangan (2.662 mdpl), Gunung Widodaren (2.650 mdpl), dan Gunung Semeru 3.676 (mdpl).

Kepoin Yuk : Keindahan Gunung Tangkuban Perahu

Rute Perjalanan Menuju Gunung Bromo

Akses untuk menuju ke obyek wisata Gunung Bromo sangatlah mudah. Jika sobat dari luar Povinsi Jawa Timur, sobat dapat transit ke kota surabaya dahulu. Baik menggunakan kendaraan pribadi, Kereta Api, maupun dengan Pesawat. Jika sobat sudah di Kota Surabaya, sobat dapat menuju ke salah satu kota atau kabupaten. Pastikan kota yang mempunyai jalur untuk menuju ke obyek wisata Gunung Bromo. Jika sobat merasa ingin instan, yang terpenting hanya ingin menikmati keindahan bromo. Sobat tinggal mencoba pesan, dari mulai transportasi,penginapan hingga paket bromo. Banyak penyedia paketan untuk berlibur ke bromo, contohnya dulu saya pernah pakai traveloka dari bekasi.

Berikut ini adalah beberapa jalur yang akan kami informasikan.

1. Dari Kota Malang

Jika sobat dari Kota Malang, untuk menuju ke obyek wisata Gunung Bromo. Sobat dapat pergi ke Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang lalu diteruskan menuju ke Desa Bulak Klakah. Sobat akan bertemu dengan jalur yang akan melewati Lumajang, tepatnya dikawasan Jemplang. Dilanjutkan menuju ke Padang Savana Gunung Bromo, yaitu kawasan hamparan rumput yang sangat luas.

2. Dari Kabupaten Lumajang

Untuk menggunakan jalur dari Kabupaten Lumajang, sobat dapat pergi ke Kecamatan Senduro. Setelah sampai di Kecamatan Senduro, sobat dapat meneruskan perjalanan sobat menuju ke Desa Ranu Pane. Lalu melewati bukit dan menuju ke kawasan obyek wisata Gunung Bromo melalui kawasan Jemplang. Dari Jemplang sobat sudah bisa melihat Gunung Bromo, dan dilanjutkan untuk menuju ke Gunung Bromo.

3. Dari Kota Pasuruan

Jika sobat memilih jalur dari Kota Pasuruan setelah transit dari Kota Surabaya. Sobat dapat pergi ke Kecamatan Wonorejo. Lalu dari Kecamatan Wonorejo, sobat dapat melanjutkan menuju ke Kecamatan Warung Dowo. Dilanjut menuju ke Kecamatan Tosari. Setelah sampai ke Kecamatan Tosari, sobat lanjut ke Desa Tosari dan menuju ke penanjakan obyek wisata Gunung Bromo.

4. Dari Kota Probolinggo

Jalur dari Kota Probolinggo biasanya paling sering digunakan oleh para wisatawan. Jalur dari Kota ini merupakan jalur utama. Jalur Kota Probolinggo paling banyak menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Oleh karena itu para wisatwan, banyak yang memilih jalur probolinggo. Setelah transit di Kota Surabaya sobat dapat pergi ke Kabupaten Pasuruan dan melawati jalur Pantura. Kemudian di lanjut menuju Kabupaten Probolinggo. Setelah sobat bertemu dengan pertigaan Kecamatan Tongas, sobat dapat melanjutkan perjalanan menuju ke Kecamatan Lumbang. Di Kecamatan Lumbang sobat juga dapat menikmati wisata Air Terjun Madakaripura. Sobat dapat melanjutkan perjalanan menuju ke Kecamatan Sukapura dan kemudian dilanjut menuju ke Desa Cemoro Lawang. Desa Cemoro Lawang merupakan pintu masuk menuju obyek wisata Gunung Bromo.

Obyek wisata Gunung Bromo

1. Penanjakan

Penanjakan merupakan tempat berkumpulnya para wisatawan. Tujuan utama di Penanjakan ini adalah untuk menikmati keindahaan sunrise (matahari terbit), yang dapat dilihat secara langsung jika cuaca sangat mendukung.

penanjakan-gunung-bromo
Jepretan @@zuyyinaislaa

Di obyek wisata Gunung Bromo terdapat 2 Penanjakan. Penanjakan 1 merupakan Penanjakan yang paling favorit bagi para wisatawan. Lokasi Penanjakan 1 berada di sebelah barat Gunung Bromo. Untuk mencapai ke Penanjakan ini para wisatawan harus menggunakan alat transportasi jeep atau hartop karena medan untuk mencapat ke Penanjakan 1 sangat curam dan banyak terdapat tikungan tajam. Sebisa mungkin sobat berangkat ke Penanjakan 1 ini dari jam 3 pagi untuk mendapatkan view sunrise yang terbaik.

Penanjakan 2 merupakan alternatif, jika sobat tidak bisa pergi ke Penanjakan 1. View point dari Penanjakan 2 juga tidak kalah indahnya dengan view point Penanjakan 1. Untuk mencapai ke Penanjakan 2 sobat dapat melawati jalur dari Kota Probolinggo dan menggunakan alat transportasi jeep atau hartop. Lokasi dari Penanjakan 2 memang lebih rendah dari Penanjakan 1, akan tetapi dimomen-momen tertentu Penanjakan 2 dapat memberikan view point yang sangat menarik tepatnya pada musim hujan pada bulan September – Mei karena di bulan ini posisi matahari terbit tepat diarah timur. Dan pada musim kemarau posisi matahari terbit sedikit lambat.

Selain dari 2 Penanjakan tersebut, sobat juga dapat menikmati sunrise dari Bukit Mentigen. Walaupun bukit Mentigen ini lebih rendah dari 2 Penanjakan tersebut tetapi di Bukit ini banyak terdapat villa atau hotel yang dapat sobat sewa. Sobat akan tetap bisa menikmati sunrise dari dalam tempat peristirahatan sobat.

2. Kawah Gunung Bromo

kawah-gunung-bromo
Jepretan @dyhag2rn_129

Kawah Gunung Bromo menjadi tempat yang paling banyak diincar oleh para wisatawan. Kawah tersebut memiliki diameter sekitar 800 meter dan untuk mencapai di lokasi Kawah Gunung Bromo para wisatawan dapat berjalan kaki maupun menyewa kuda kemudian menaiki anak tangga yang menuju ke kawasan Kawah. Dari Kawah tersebut sobat akan bisa menikmati keindahan Pegunungan Tengger dan Gunung Batok yang menyerupai garis-garis terjal yang dilihat dari samping Kawah Gunung Bromo.

3. Padang Savana

padang-savana-gunung-bromo
Jepretan @imam_prasetio

Padang Savana merupakan hamparan rerumputan yang sangat luas, luas Padang Savana di Gunung Bromo sekitar 10 km persegi dan lokasi Padang Savana terletak di kawasan Jemplang tepatnya di selatan Gunung Bromo. Padang Savana ini juga memiliki julukan sebagai Bukit Teletubbies.

Hal unik dari Padang Savana ini adalah, sebelum sobat mencapai ke Padang Savana sobat akan melewati sebuah Padang Pasir yang sangat gersang. Hal tersebut seperti sebuah keajaiban dimana sebuah Padang Pasir yang gersang berada tepat disebelah Padang Savana yang ditumbuhi rerumputan yang sangat subur dan indah.

4. Air Terjun Madakaripura

Air-terjun-Madakaripura
Jepretan @miwafajri

Lokasi Air Terjun madakaripura berada di Kecamatan Lumbang, sobat dapat pergi ke obyek wisata Air Terjun madakaripura dengan melati jalur dari Kota Probolinggo. Akses untuk menuju ke lokasi Air Terjun Msobatkaripura juga tidak terlalu sulit, sobat dapat menaiki transportasi kendaraan roda 2 maupun roda 4.

Wisatawan di Air Terjun madakaripura tidak hanya dari lokal, dari wisatawan asingpun juga banyak yang berminat untuk menikmati keindahan alam dari Air Terjun madakaripura yang memiliki ketinggian sekitar 200 meter dan dihiasi oleh tumbuhan dan pepohonan yang subur disekitar Air Terjun tersebut.

5. Pasir Berbisik

pasir-berbisik-gunung-bromo
Jepretan @chichipramudita

Pasir Berbisik adalah hamparan pasir yang sangat luas yang berada di kawasan Gunung Bromo. Lautan Pasir atau yang dikenal dengan Pasir Berbisik ini terbentang sangat luas dan banyak terdapat garis-garis pasir yang membentuk seperti lukisan yang terbentuk dari hembusan angin. Yang menjadi daya tarik dari Pasir Berbisik di Gunung Bromo adalah bahwa Pasir Berbisik atau Lautan Pasir ini tidak ditemukan di Gunung Berapi manamun kecuali hanya satu yaitu yang berada di kawasan Gunung Bromo.

Selain itu, hal yang menjadi favorit para wisatawan adalah jika sobat mendekatkan kuping sobat ke pasir-pasir tersebut sobat akan bisa mendengar suara seperti bisikan sehingga para masyarakat sekitar menyebut Lautan Pasir tersebut dengan nama Pasir Berbisik. Jangan lupa bagi sobat yang memutuskan untuk mengunjungi Pasir Berbisik agar membawa kacamata dan masker untuk melindungi mata dan paru-paru sobat dari pasir.

6. Bromo Milky Way

Bromo-Milky-Way
Jepretan @q.b_photography

Bromo Milky Way adalah sebuah spot-spot yang dapat melihat bintang-bintang yang sangat jelas pada malam hari. Obyek ini menjadi incaran para pecinta Photographer yang ingin mengabadikan keindahan bintang-bintang yang sangat mengagumkan. Tak hanya para pecinta Photographer, para wisatwan yang lainnpun juga tak segan-segan untuk menyaksikan bintang-bintang di malam hari yang dingin karena pemsobatngannya yang memang tak bisa tergantikan. Waktu terbaik untuk menyaksikan Bromo Milky Way yaitu pada musim kemarau antara bulan Mei – September karena langit sangat cerah dan tidak tertutupi oleh awan.

Demikian informasi mengenai Obyek Wisata Gunung Bromo yang dapat kami berikan. Terimakasih dan semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat yang ingin berwisata ke Bromo tersebut.