Jangan Salahkan Kami Sebagai Kids Jaman Now Cari Solusinya Untuk Kami

Diposting pada

Sebelum kemasalah, kami ingin dulu bertanya pada sahabat cariinfoyuk.com, bagaimana kabar semuanya, semoga dalam lindungan allah swt sehat lahir dan bathin untuk kita semua,aamiin.

Tema kali ini “jangan salahkan kami sebagai kids jaman now cari solusinya untuk kami”, kami mengambil tema ini karena kami ingin melanjutkan pembahasan dari sebelumnya yang membahas menjadi viral problemantika kids zaman now, sebenarnya dalam artikel tersebut tepatnya diakhir artikel untuk membahas solusi atau cara menghadapi kids zaman now, tapi judul tersebut kayanya terlalu formal dan banyak digunakan, dan seakan-akan terlalu menyalahkan seorang anak.
Yuk kita bahas sekarang.

solusi-cerdas-atasi-kesulitan-kids-zaman-now
image via merdeka.com

Dalam artikel sebelumnya kami sudah bahas tentang kondisi kids zaman now dengan beberapa pembahasan yang menurut kami sudah mewakili kondis kids zaman now tersebut, mungkin dan barangkali teman-teman belum membaca artike sebelumnya, saya akan bahas sedikit saja.

Kids zaman now sama saja sama zaman sebelumnya, namun banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut berimbas pda kids zaman sekarang. Apa sebab, karena zaman sekarang ini kehidupan yang dihadapi seorang anak banyak sekali tantangannya, bagi mereka tentangan ini akan menjadi baik jika dihadapi dengan bijak dan begitu sebaliknya, sesuai judul tersebut kami “jangan salahkan kami sebagai kids jaman now cari solusinya untuk kami”, menandakan bahwa generasi zaman now atau disebut generasi alpha ini adalah keterunan generasi z yang terlahir ditahun 1998-2010, sifat generasi z sudah mulai terbuka dengan tekhnologi yang canggih, namun mereka masih mempunyai komitmen dan esensi yang mereka lakukan, cuman generasi z ini akan lebih cenderung kalah dengan generasi alpha, karena generasi alpha akan cenderung aktif.

generasi-alpha
image via Kompasiana.com

Oke itu ya sekedar pembahasan artikel sebelumnya, sebelum kita menngetahui bagaimana cara menghadapi dan solusi untuk kids zaman now ini, mending kita bahas dulu sifat yang cenderung kids jaman now ini, karena klo udah tawu sifat mereka pasti kita bisa mengatasinya.

Aku generasi alpha, dan ini yang aku mau sebagai berikut :

1. Aku ini cepet bosen dan tidak mau diatur
Aku ini ingin menjadi seseorang yang memerintah bukan disuruh, aku ini orang yang ga mau diatur, tapi kami ingin bebas berinisiatif sesuai kemauan saya menurut saya baik, akun ingin mencpai sesuatu kesuksesan dengan mempertahankan sesuai kemampuan dari anak-nak lain yag ingin menguasainya.

2. Aku tidak mau sesuatu hal diberikan kepada teman atau berbagi dengan yang lainnya
Kondisi ini kerap terjadi pada anak, karena kondisinya sifat assertif (mempertahankan diri dari kemauan anak lainnya) pada anak sudah tertanam, beda dengan kids zaman doeloe yang selalu mengalah.

3. Aku hidup di tekhnologi serba canggih
Bagian dari hidup saya adalah teknologi, karena sesuatu yang menghibur hati aku ada di smartphone. Kondisi ini udah begitu lumrah dan tidak sedikit seorang baby sudah memegang smartphone bahkan dari itu sudah bisa mengoperasikanya.

4. Lebih baik bersama gadget di banding sama teman
Asumsi generasi alpha ini sangat terlalu mudah untuk mencari informasi pada gadgetnya dibandingkan sama temanya, maka dari itu akan kamampuan berkomunikasi langsung dengan temanya jauh berkurang.

5. Toko online akan menjadi prasarana jual beli buat aku
Menurut fakar eccommerce, toko online akan semakin meningkat karena kepraktisan dan kemudahan dalam bertransaksi menjadi salah satu faktor majunya toko online, gimana tidak suka para generasi alpha yang begitu anatusias yang merambahnya toko online.

6. Aku ini ingin selalu dimanja sama orang tua
Sudah dijelaskan diatas bahwasannya generasi alpha ini terlahir dari orang tua yang dimana orang tersebut sudah dimanjakan dengan tekhnologi, jadi ga bakalan jauh buah jatuh dari tanamanya. Menurut para orang yang riset dan memang ini keadaannya, bahwa kondisi anak cenderung dari sikap orang tuanya yang selalu dimanjakan apapun kesulitanya.

7. Aku ini tidak mau bekerja dan tapi aku ingin menjadi bos
Betul sekali, karena pada dasarnya mereka dengan assertif yang kuat mereka akan yakin suatu kesuksesan akan bisa diraih, namun banyak trial tanpa esensi yang mereka lakukan, mereka lebih bekerja keras tanpa harus mengatur strategi dalam artian “Gimana entar saja, yang penting sudah berusaha”.

generasi-alpha
image via tirto.id

Dari sebagian ciri itu kita bisa menganalisa satu demi satu apa yang mereka inginkan, yang menjadi pertanyaan apakah kita ingin mengikuti kemauan mereka atau mereka ingin mengikuti kemauan kita? Kita akan analisa sisi baik dan buruknya jika memakai solusi seperti berikut :

a. Ingin mengikuti kemauan mereka
Jika anda ingin mengikuti kemauan mereka tetap ikuti tapi harus dalam kondisi pengawasan, karena kondisi mereka labil dalam artian mereka tidak sepenuhnya bisa mempertanggung jawabkan atas perlakuannya, mereka akan cepat beputus asa dan tidak sepenuhnya memperhatikan efek yang mereka lakukan. Jika anda ingin twu bagaimana cara membangun anak dengan kiat-kiat yang kami berikan biar assertif anak-anak dengan tumbuh baik

b. Mereka ingin mengikuti kemauan kita
Jika anda benar-benar ingin sesuai kamaun kita lebih berhati-hati, karena komdisi anak sekarang lebih aktif dan tidak bisa memastikan bahwa anak kita sepenuhnya nurut saja sesuai kehendak kita, dengan kondisi anak sekarang lebih aktif mereka akan penat jika kamaun kita sebagai orang harus dilakukan apapun itu menurut kita baik. Dengan sikap protektif kita terhadap anak bisa lebih agresip buat anak. Maka dari itu pupuklah pola tingkah laku dan keimanan kita terlebih dahulu sebagai orang tua baru mereka akan malu dan tidakpunya alasan untuk menolaknya.

Terimakasih, semoga bermanfaat.
Belum selesai pembahasannya, ternyata panjang juga. Lebih baik sedikit-sedikit yang penting ada hasilnya.