MENJADI VIRAL PROBLEMANTIKA KIDS ZAMAN NOW ATAU GENERASI ALPHA

Diposting pada

kids jaman now

Kids zaman now – Sebelum ke problemantika kids zaman now, sekarang kita harus tawu dulu apa sih kids zaman now itu? Bahasa Kids zaman now serasa asing ditelinga kita kan ya, ada-ada ja zaman sekarang mah ya, kids zaman now itu cuman bahasa yang ditranslate ke bahasa inggris yaitu kids artinya anak-anak, zaman ya zaman (bahasa Indonesia) dan now artinya sekarang, jadi arti keseluruhan anak-anak zaman sekarang, nah gitu ya artinya, kadang kids jaman now ini viral dengan sebutan generasi alpha.

Kids Zaman Now

Generasi alpha dimulai dari tahun angkatan 2009 – sampai saat ini, yang kehidupanya sudah dizaman modern yang serba instan, akses teknologi informasi dan komunikasi yang begitu transparan. Pola pikir dan karakter mereka tak jarang sudah melampaui nilai-nilai akhlak, tradisi dan norma-norma kehidupan yang merusak jati dirinya.

Nah ada apa sih pake segala problemantika, problemantika itu suatu keadaan atau masalah yang sedang dihadapi, terus apa masalah yang dihadap oleh anak-anak zaman sekarang (kids zaman now), yuk kita bahas dengan seksama.
Masalah yang dihadapi anak-anak zaman sekarang ini bisa dibilang serba tau,karena sudah disuguhi dengan serba instan dan tekhnologi yang begitu canggih. Efek dari semua itu bisa mengubah pola tingkah laku,kebiasaan dan peranan dalam dirinya sendiri. Mungkin kita bisa membedakan kids zaman now dengan kids zaman doeloe.

Perbedaan kids zaman now dengan zaman dulu

1. Dari segi makanan

waktu zaman dulu jarang namanya makanan instan, bahkan orang tua kita selalu menyiapkan makanan yang begitu susah harus berkeringat masak memasak, tidak ada yang namanya makanan cepat saji, bumbu siap pake. Mungkin dari situ kids zaman now dari bayi bisa berubah psikologinya dari pengaruh makanan siap saji. Menurut situs doktersehat.com makan cepat saji memeliki banya lemak trans yang bisa mempengaruhi neurotransmitter yang bisa mengakibatkan alzheimer dan juga depresi. Untuk selengkapnya bisa langsung ke situsnya disini.

2. Dari segi bermain atau permainan

Permainan zaman now untuk anak-anak saat ini bukanlah berkaitan dengan sumber alam yang alami tapi saat ini mainan yang serba beli, padahal permainan alami begitu murah dan bebas tanpa uang sepeserpun contohnya main tanah, main petak umpet, ga ada sekarang mah, dikit-dikit bun,yah beli mainan di mall ya..hadeuh. mungkin bisa dipertimbangkan buat orang tuanya setelah membaca artikel ini.

3. Dari segi teknologi

cara-menghadapi-kids-zaman-now-dengan-memprotek-media-yang-berbahaya

Tidak bisa dipungkiri teknologi saat ini sangat begitu pesat dan begitu mudah dikonsumsi oleh anak-anak. Jaman dulu teknologi cuman bisa dibikin secara manual tapi sekarang udah pake robot semua. Darimana salahnya dari segi teknologi ini, sebenarnya tekhnologi ini tidak salah karena tergantung dari pembinaan dan peran dari orang tua sendiri. Contohnya handphone

– Untuk teknologi komunikasi yaitu handphone/ telepon

Jaman dulu telpon itu hanya sekedar untuk nelpon. Karena untuk mempermudah komunikasi jarang jauh, itupun hanya segelintir orang yang punya. Tapi sekarang begitu banyaknya, sampai satu orangpun bisa memegang lebih dari satu. Dilihat dari segi sosialisasi terhadap seksama sekarang menjadi kurang, karena ngobrol jarak dekat ja sekarang tidak harus tatap muka tapi tatap layar handphone.

Padahal secara kemanusian, itu lebih interaktif dengan tatap muka. Ngobrol bareng sambil ngopi itu kan lebih enak, dan an secara material akan lebih mahal dengan hp dibanding bertatap muka. Secara syar’i ngobrol secara tatap muka berkunjung langsung kerumahnya, itu sangat baik sekali karena menyambung silaturahmi. Sebagaimana hadist rosululloh “ Barangsiapa yang ingin diluaskan rizkinya dan panjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi”.

– Untuk teknologi informasi

sekarang Hp itu sebagai media informasi yaitu yang mana didalamnya dengan mudah kita bisa mengakses berbagai informasi padahal jaman dulu hanya televisi dan Koran saja sebagai media informasi, pengaruhnya media informasi didunia internet adalah kurangnya memfilter dan tidak bisa dipertanggung jawabkan atas media yang di publikasikanya.

4. Segi media sosial

cara-menghadapi-kids-zaman-now

Artian media sosial ini yaitu dimana kita bisa bertukar pikiran. Interaksi bertatap muka, bermain bareng dan pada intinya media fisik atau non fisik.  Yang mana bisa digunakan untuk beinteraksi dua arah atau satu arah. Dan nyatanya sekarang ini, media social bukan secara fisik tapi secara non fisik atau serba digital. Contohnya fisik mengapresiasikan kekesalanya, menulis langsung di buku diarinya tapi secara non fisik (digital). Dan mengapresiasikanya di media social facebook, dikhalayak orang serba tau. Lebih parahnya media social secara non fisik atau digital ini kurang memfilternya hal-hal negative. Sehingga bisa mudah dikonsumsi oleh kids zaman now. Sudah banyak sekali tingkah asusila atau tontonan/ bacaan, yang sangat mengancam psikologi anak-anak.

Media sosial yang secara fisikpun yaitu televisi, kontenya kebanyakan tidak mendidik karena kebanyakan isinya menjurus ke hal yang negative mulai dari sinetron yang ke alay-alayan, anak-anak udah pacaran, pertengkaran dan lebih parahnya penayangannya di jam-jam kumpul keluarga.

5. Pendidikan Agama

Pendidikan agama sekarang ini sangat minim sekali, karena dengan kondisi padatnya kegiatan sekolah dan jam sekolah sekarang sampe ada kelas middle atau siang karena terbatasnya sarana belajar. Akibatnya buat si anak udah kecapean duluan berfikir untuk mendalami pengajian agama. Padahal pendidikan agama harus seimbang dengan pendidikan social atau umum, karena pondasi seseorang itu sangat berkaitan dengan akhlak sementara akhlak kebanyakan dipelajari di pendidikan agama.

menjadi-viralnya-problemantika-kids-zaman-now-atau-generasi-alpha

CIRI-CIRI KARAKTER KIDS ZAMAN NOW ATAU GENERASI ALPHA

Ciri-ciri ini tidak diasumsikan bahwa semuanya seperti yang kami utarakan, tapi penelitian kami dikehidupan sehari-hari mungkin ini sebagian dari karakter kids jaman now, diantaranya :

1. Melupakan nilai-nilai akhlak, trdisi dan norma kehidupan
2. Mudah meniru hal yang kekinian tanpa tau esensinya
3. Malas menganalisa secara baik karena terobsesi dengan hal instan
4. Mudah putus asa dan galau walaupun masalah sepele
5. Menyikapi masalah tanpa pertimbangan yang matang
6. Selalu psimitis dalam hal apapun.
7. Pengen dilihat gaya oleh orang lain
8. Apa-apa selalu mengadu sama orang tua

Itulah mungkin sebagian dari ciri-ciri karakter dari kids zaman now atau generasi alpha, terus gimana kita sebagai orang tua untuk menghadapinya, nanti kita akan lanjutkan lagi ya dihalaman berikutnya ya, biar tidak terlalu kepanjangan bahasanya. Semoga bermanfaat untuk kita semua

Terima kasih.

next artikel