Sejarah Singkat Candi Borobudur

Diposting pada

Sejarah singkat candi borobudur – Halo pembaca setia blog cariinfoyuk.com. Apa yang sobat pikirkan saat mendengar maupun membaca kata Candi? Ya. Sepintas jika kita mendengar kata candi, kita akan berpikir bahwa candi merupakan sebuah obyek peninggalan masa lalu. Candi pastinya akan berbau sejarah, yang saat masih berdiri sampai sekarang. Lalu bagaimana dengan Candi Borobudur? Candi Borobudur merupakan salah satu peninggalan masa lalu, yang sekarang dibuka menjadi sebuah obyek wisata di daerah Kabupaten Magelang. Kali ini sobat cariinfoyuk.com akan mengulas, tentang obyek wisata Candi Borobudur yang sangat indah.

sejarah-singkat-candi-borobudur
Jepretan @farell.179

Sejarah Singkat Candi Borobudur

Wisata Candi Borobudur

Pada abad ke 15-an tepatnya pada zaman Agama Islam masuk ke Indonesia, Candi Borobudur mulai terlupakan. Hal tersebut terjadi dikarenakan Candi Borobudur terkena letusan gunung berapi. Akibatnya sebagian Candi Borobudur tertutup oleh debu vulkanik, dan tanah bahkan tertutupi oleh pepohonan yang tumbuh disekitar Candi Borobudur.

Candi Borobudur mulai diketahui masyarakat Indonesia dan Luar Negri berkat Sir Thomas Stamford Raffles. Tepatnya saat Inggris mendatangi Indonesia pada tahun 1814. Sir Thomas Stamford Raffles, menerima laporan bahwa telah ditemukannya sebuah bangunan yang tertutup oleh tanah dan pepohonan. Tepatnya di desa Bumisegoro daerah Magelang. Bersama dengan H.C. Cornelius, Sir Thomas Stamford Raffles mulai menyelidiki bangunan tersebut dan telah selesai digali pada tahun 1835.

Penelitian candi borobudur mulai di teliti, setelah pemerintah indonesia memberikan laporan ke UNESCO. Tepatanya pada tahun 1956, setelah kemerdekaan indonesia. Pada tahun 1991, UNESCO menetapkan Candi Borobudur sebagai salah satu Situs Warisan Dunia (World Heritage Site). Sejak saat itu, pemerintah Indonesia mulai membuka Situs Candi Borobudur sebagai tempat wisata.

Sejarah Singkat Candi Borobudur

Menurut para peneliti, Candi Borobudur didirikan sekitar abad 800-900 Masehi. Pada tahun tersebut mayoritas kepercayaan masyarakat Indonesia, adalah ajaran Buddha atau Agama Buddha. Seluruh Candi di Indonesia yang didirikan pada tahun tersebut, merupakan sebuah Candi Buddha yang dijadikan sebagai tempat Keagamaan termasuk Candi Borobudur. Sekitar abad 820-830 Masehi, Candi Borobudur dibangun oleh Raja Samaratungga. Raja yang berasal dari dinasti Syailendra, dan selesai sekitar abad 900 Masehi pada masa Ratu Pramudawardhani. Arsitek yang diyakini membangun Candi Borobudur adalah Gunadharma menurut kisah para penduduk disekitar Candi Borobudur.

Kepoin Yuk : Tempat wisata kampoeng air majalengka yang lagi hits

Lokasi Candi Borobudur

Para pengunjung lokal, tepatnya pengunjung jawa barat. Bahwa keberadaan candi borobudur itu di jogja. Namun secara geograpic lokasi borobudur itu, berada di kabupaten magelang provinsi jawa tengah. Memang keberadaan candi borobudur ini lebih dekat dari jogja, sekitar 40 km.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk wisatawan lokal
Dewasa (10 tahun ke atas)Rp. 40.000/orang
Anak-anak (umur 3-10 tahun)Rp. 20.000/orang
Harga tiket masuk wisatawan asing
Untuk wisatawan asing seharga$ 25 = Rp. 348.627.43

Manfaat berwisata ke Candi Borobudur

Mempelajari Sejarah, Sastra, dan Seni

Tak sedikit para wisatawan yang mengunjungi Candi Borobudur, untuk belajar tentang Candi Borobudur baik dari sisi sejarah, sastra, maupun seni. Bagi para pecinta sejarah maupun sastra dan seni, obyek wisata Candi Borobudur merupakan tempat yang sangat cocok di teliti. Bagi para sastrawan cocok untuk mempelajarinya dan mengenali seluk beluk Candi Borobudur. Mulai dari sejarah berdirinya, pahatan-pahatan patung pada relief Candi, maupun budaya para penduduk di sekitar Candi Borobudur.

relief-candi-borobudur
Jepretan @hakasoed

Lalu bagaimana dengan orang yang pertama kali mengunjungi Candi Borobudur? Apakah bisa mempelajari sejarah singkat candi borobudur, sastra, maupun seni dari Candi Borobudur? Tidak perlu bingung sobat cariinfoyuk.com. Sobat hanya perlu mengitari Candi Borobudur searah jarum jam, yaitu dari kiri ke kanan dimulai dari pintu paling bawah. Sobat cobs perhatikan relief yang terdapat di Candi Borobudur. Setelah sobat selesai mengitari lantai pertama, dilanjutkan dengan lantai kedua dengan cara yang sama saat anda mengitari lantai pertama. Lakukan terus menerus hingga anda mencapai puncak Candi Borobudur.

Kenapa harus seperti itu? Karena relief yang terdapat di Candi Borobudur, dari lantai pertama sampai puncak merupakan Cerita yang saling berhubungan. Dengan melakukan hal tersebut, sobat akan bisa mempelajari Candi Borobudur tersebut. Anda masih cukup kesulitan untuk memperterjemahkan relief yang berada di Candi Borobudur? Tenang sobat, sobat bisa menyewa jasa pemandu, yang berada di Candi Borobudur yang siap membantu sobat.

Berburu Souvenir di Kompleks Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan sebuah penginggalan sejarah, yang sangat berharga bagi Indonesia bukan? Sangat disayangkan apabila kita berwisata ke Candi Borobudur, tanpa membeli souvenir yang berada di kompleks Candi Borobudur. Berburu souvenir merupakan hal yang penting bagi para wisatawan. Yang berwisata ke Candi Borobudur, di sekitar kompleks Candi Borobudur terdapat deretan toko dan kios yang menjual berbagai souvernir. Seperti kaos, topi, tas, sepatu, bahkan miniatur Candi Borobudur itu sendiri. Tak heran jika kios-kios yang berderetan di kompleks Candi Borobudur, selalu ramai setiap harinya oleh para pemburu souvenir di Candi Borobudur.

Taman Bermain Untuk Keluarga

Candi Borobudur merupakan obyek wisata bagi semua umur, serta kalangan masyarakat. Untuk masuk ke Candi Borobudur pun, tidak terlalu mahal .Sobat dapat membawa anak-anak untuk berwisata ke Candi Borobudur. Bisa terbayang bukan, jika satu keluarga anda berwisata ke Candi Borobudur? Selain bersenang-senang akan keindahan Candi Borobudur, sobat juga mampu memberikan wawasan ilmu untuk anak sobat. Selain itu juga untu mempererat hubungan keluarga anda.

Keistimewaan Candi Borobudur

Apa keistimewaan candi borobudur, terlintas yang kita tau hanya sebuah bangunan bersejarah kan sobat. Namun dibalik itu semua, candi borobudur mempunyai keistimewaan sendiri. Tak mungkin sebuah tempat bersejarah, yang tak tahu-tahu banyak pengunjungnya. Sobat cari info yuk tempat wisata ini, tak mungkin waktu ke waktu pengunjung silih bergantian tanpa ada keistiewaannya. Sebuah obyek wisata tentu saja tidak akan terlepas dari informasi, fakta, bahkan mitos. Tak jarang orang-orang mengunjungi suatu obyek wisata, hanya berdasarkan informasi yang menurut mereka menarik. Sehingga mereka memutuskan untuk mengunjungi obyek wisata tersebut. Nah.sobat cariinfoyuk akan memberikan informasi keistimewaan yang menarik seputar Candi Borobudur.

Keistimewaan candi borobudur yang menarik

1. Candi Borobudur merupakan Candi yang terbesar di Dunia

Banyak Wisatawan yang berkata bahwa Candi Borobudur merupakan Candi Buddha yang terbesar di Dunia. Candi Borobudur memiliki luas 15.129 meter persegi dan tinggi 42 meter.

2. Danau Purba – Cerita Rakyat Candi Borobudur

Menurut mahasiswa doktoral Departemen Geografi Universitas Gadjah Mada bernama Helmi Murwanto, diyakini bahwa Candi Borobudur dibangun diatas danau purba yang telah mengering pada zaman pleistosen akhir.

3. Ribuan Pahatan Relief – Ribuan Relief Terpahat di Dinding Candi Borobudur

Candi Borobudur memiliki 2672 pahatan relief yang terdiri dari 1212 relief dekoratif dan 1460 relief kisah Buddha.

4. Jam Raksasa – Sinar Matahari yang menerangi Candi Borobudur

Diyakini bahwa pada masanya, Candi Borobudur digunakan oleh masyarakat sekitar sebagai jam raksasa dengan menggunakan sinar matahari sebagai pusatnya.

Nah itulah informasi sejarah singkat candi borobudur dan keistimewaanya. Semoga menjadi evaluasi sebelum sobat berlibur ke candi borobudur. Kapan sobat menikmati keindahan candi borobudur yang penuh keistimewaan?