Sejarah Dan Mitos Dibalik Keindahan Lokasi Situ Sangiang Majalengka

Diposting pada

situ sangiang majalengka merupakan salah satu obyek tempat wisata, dan bisa juga dijadikan tempat wisata ziarah. Lokasi situ sangiang berada di desa sangiang, kecamatan banjaran kabupaten majalengka jawa barat. Objek wisata situ sangiang majalengka salah satu tempat wisata, yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari libur.

Situ Sangiang Majalengka

Selain memiliki pesona keindahan yang sangat menarik, situ sangiang majalengka juga memiliki danau yang berisi ribuan macam ikan didalamnya. Makanya ya guys, sangat disayangkan loh, jika penduduk yang berada di majalengka sendiri tidak mengunjungi wisata dengan pesona keindahnnya. Selain itu ada beberapa mitos loh yang terjadi di situ sangiang.

situ sangiang majalengka
Jepretan @ayisupriadi00

Sumber mata air dari tanah dan curah hujan, yang menjadikan sebagai sumber air utamanya. Tempat wisata situ sangiang majalengka, memberikan kesan yang berbeda dengan situ lainnya. Wah, situ di majalengka itu ternyata masih banyak lagi selain situ sangiang. Yang sudah kita bahas sebelumnya yaitu, Situ Cikuda Padaherang Sindangwangi Majalengka Dan Villa Biru.

Jadi makin greget gimana gitu yah rasanya, pengen tahu tempat wisata di majalengka. Tenang saja guys, kami akan semua publikasikan tentang obyek wisata majalengka. Jangan bosan-bosan mampir dan share terus artikel kami, biar semua tahu majalengka itu kota wisata terbaru di indonesia. Jangan lupa dapetin artikel terbaru cariinfoyuk.com, di subscribe email ya guys.

Situ sangiang dan hutan pinus argalingga sama ademnya

Objek wisata ini sangat indah, sehingga memberikan sensasi yang berbeda kepada setiap pengunjung yang datang. Situ sangiang majalengka dikelilingi oleh pohon lebat nan asri ini, tidak kalah indahnya dengan pohon pinus yang berada di argalingga majalengka. Sensasi pemandangannya sama-sama adem, baik situ sangiang maupun pohon pinus argalingga.

cari info yuk : Bukit Panyaweuyan Argapura Majalengka Menjadi Primadona Wisata Alam

Hutan pinus yang menjulang tinggi di argalingga, membuat keadaan menjadi dingin. Apalagi dikala menjelang malam, masyaallah dinginnya. Rasa ceup ketubuhnya itu, sama seperti berdiam diri dilemari es. Hidih..pokoknya ya guys, kalau belum pernah rasain sama sekali, kaget deh. Tempat wisata di majalengka itu, wiss keren bener deh. Sekarang kita lanjut dan telusuri dulu keberadaan situ sangiang majalengka didalamnya.

situ sangiang banjaran talaga
Jepretan @de.li_

Storytelling situ sangiang majalengka

Hidup tak selamanya indah, namun harus dijalani dengan penuh ikhlas. Meski berbagai cobaan menghadang. Semesta alam akan mengetahui tentang isi semua harapan. Saat sekolah waktu MA kelas X, sekolah mengadakan suatu kegiatan ekstrakulikuler bidang pramuka. Hati hempas tak karuan, membuat pikiran dan perasaan senang dikala itu.

Cerita sejarah masa sekolahan yang membuat saya teringat selalu, akan sebuah kenangan di tempat wisata situ sangiang. Perjalanan menuju situ sangiang sangat seru guys, kami satu sekolahan dari MAN talaga mengunjungi situ sangiang majalengka dengan berjalan kaki. Rasa cape dan lelah selama perjalanan, membuat cerita indah dengan sengatnya terik matahari. Membuat wajah belang kusam dan rasa segalanya.

Namun kami tidak pernah mengeluh, akan hal yang terpenting jalan menuju lokasi hati riang dan gembira. Guys kalau tidak tahu, betapa indahnya pemandangan situ sangiang ini. Maka akan menyesal tidak mengunjungi wisata situ sangiang majalengka, apalagi sobat warga majalengka sendiri.

Situ sangiang (Makam sunan parung).

Situ sangiang majalengka didirikan pada tahun 1998. Kawasan situ sangiang majalengka, berada pada ketinggian antara 600-800 m. Posisi ketinggian tanah memang terendah, namun jika di desa banjaran situ sangiang berada didataran tinggi. Total luas kawasan tersebut, kurang lebih 26,4 meter.

Makam sunan parung Situ sangiang
Jepretan @aboutmajalengka

Situ sangiang majalengka merupakan kawasan hutan lindung, yang memiliki sejarah dan keunikan tersendiri. Selain sebagai daerah kawasan hutan lindung dan wisata alam, situ sangiang merupakan daerah yang dianggap masyarakat adalah tempat keramat. Makam pucuk ulum atau dikenal dengan sebutan sunan parung. Macam satwa yang ada dihutan situ sangiang ini diantaranya burung, kera, bahkan sampai sekarangpun masih banyak populasinya. Satwa-satwa tersebut sering kali menyambut para wisatawan telaga.

Sudah tau belum : Curug Cilutung Talaga Obyek Wisata Di Majalengka Yang Menarik

Bahasa yang digunakan sehari-hari oleh masyrakat sekitar adalah bahasa sunda. Waktu kami berkunjung, masyarakat sangat ramah kepada setiap pengunjungnya. Kepercayaan masyarakat mengenai ikan-ikan mistis, tidak diperbolehkan mengganggu kelestarian variannya. Oleh karena itu pihak pengelola taman nasional gunung ciremai menghimbau bagi pengunjungya. Sehingga di setiap area sepanjang jalan, ada papan tulisan sebagai peringatan larangan untuk memetik atau merusak kelestarian alamnya.

Sejarah situ sangiang talaga majalengka

Sasakala situ sangiang dibalik semua para pendatang, memiliki beragam cerita. Mereka mengatakan, bahwa didalamnya itu banyak mengandung misteri dan hal-hal mistis yang terjadi. Sehingga sampai sekarangpun penduduk setempat, masih mempercayai kemistisan di situ sangiang. Salah satu misteri yang terjadi itu, seekor ikan yang telah mati kononnya harus di kubur sama halnya seperti manusia.

Sejarah situ sangiang talaga majalengka
Jepretan @aom_muhtarom

Alkisah diceritakan pada sejarah ikan lele dan sebangsanya itu, merupakan hasil dari jelmaan prajurit kerajaan telaga manggung. Hal ini ada sangkut pautnya dengan situ sangiang majalengka, kerena mempunyai hubungan erat antara prabu talaga manggung dan kedua anaknya raden panglurah atau dikenal dengan pucuk umum. Serta cucunya prabu siliwangi, yaitu raja dari pakuan pajajaran.

Asal muasal “situ sangiang” banjaran

Sangiang berasal dari dua kata yaitu, sang dan hyang. Sang yang artinya suatu gelar atau jabatan, sedangkan hyang artinya sesutu yang dianggap luhur atau agung. Kata “sanghyang” dalam istilah sunda kuno, diartikan sebagai sesosok orang yang dinilai memiliki kelebihan atau keutamaan atas memilikinya suatu ilmu.

Sedangkan menurut para keilmuwan jawa, tingkatan sanghyang ini sama setaranya dengan batara atau dewa. Dimana orang tersebut, dianggap sebagai orang yang memiliki kedekatan dengan sang penciptanya. Dengan begitu masyarakat banyak yang menghormati, karena lebih tinggi derajatnya.

Menurut pakar sejarah pak tatang, dalam analisinya yang diungkap dalam website tatangmanguny.wordpress.com.

Yang ngahiang di Situ Sangiang

Unsur dongeng atau legenda dalam Wawacan Talaga Manggung, terlihat dari Raden Panglurah dan 39 pengikutnya yang ngahiang di Situ Sangiang dan berubah ujud menjadi lele putih. Yang tidak muncul dalam berbagai tulisan tentang Sejarah Talaga adalah bahwa Raden Panglurah, kakak Simbar Kancana, itu bertapa di Ujung Kulon, dan kemudian kembali ke Talaga, lalu “ngahiang” di Situ Sangiang, yang sekarang dipercaya menjadi lele putih yang dikeramatkan.

Ekajati dan Darsa tidak menyebutkan dalam “abstrak” wawacan tersebut faktor penyebab Raden Panglurah “ngahiang dan menjelma” menjadi lele putih. Dalam berbagai “dongeng” lain, entah sumbernya dari mana, yang disebutkan “ngahiang” itu Sunan Talaga Manggung dan keraton Talaga, padahal Talaga Manggung jelas–menurut wawacan–dibunuh Palembang Gunung. Termasuk, konon, bukan dalam wawacan, yang “ngahiang” di Situ Sangiang itu isteri Sunan Talaga Manggung yang bernama “Nyi Rambut Kasih” (Nyi Runday Kasih).

nama situ sangiang terdapat di beberapa tempat, yang diantaranya situ sanghiang tasikmalaya, situ sanghiang cibalanarik, dan danau sanghiang tangerang. Masing-masing tempat mempunyai sejarah dan mitosnya. Cerita mulai ikan di situ sanghiang, tragedi di situ sangiang bahkan penampakan di situ sangiang.

Rute menuju situ sangiang majalengka

Untuk menuju jalan situ sangiang ini sudah cukup baik, karena akses jalannya sudah beraspal. Namun sangat disayangkan, untuk kendaraan umum belum tersedia. Maka disarankan bagi para pengunjung, untuk membawa kendaraan pribadi. Akses jarak yang diambil dari pusat kota majalengka, kurang lebih 27 KM. Alamat lengkap situ sangiang majalengka di desa sangiang, tepatnya di kecamatan banjaran kabupaten majalengka jawa barat.

Harga tiket masuk situ sangiang

Untuk memasuki tempat wisata situ sangiang majalengka, harga tiket masuknya Rp. 15.000 dan sudah berikut biaya parkir. Didalam situ sangiang ini, pasti sobat akan selalu menemukan kotak amal, terutama di makam tempat berziarah. Silahkan bagi sobat untuk bisa memberikan sebagian rejekinya disana ya.

Fasilitas situ sangiang

– Rumah pohon, biasanya dijadikan untuk berswasfoto bagi para pengunjungnya.
– Loket karcis
– Tempat parkiran
– Toilet
– Tempat istirahat

Wahana bermain obyek wisata alam situ sangiang
Jepretan @asihridwan46

Wahana bermain obyek wisata alam situ sangiang

  • Gardu pesona alam, tempat untuk memandang luas ke arah danau atau situ
  • Outbound alam terbuka
  • Kabel luncur (Flying fox)
  • Pendidikan dan penelitian
  • Koleksi aggrek dan tanaman obat
  • Dermaga ikan
  • Bird watching
  • Family gathering
  • Jungle track
  • tracking bunga bangkai

Waktu terbaik untuk berkunjung

Para pengunjung yang berminat untuk berziarah, biasanya ditepatkan waktunya. Biasanya untuk berziarah setiap bulan maulid. Bulan maulid ini dimana puncak keramaian masyarakat, yang ziarah ke makam suanan parung (prabu pucuk umum). Letak makamnya berada disamping situ sangiang.

Sementara untuk yang berwisata tidak dibatasi, waktu bagusnya dipagi hari sekitar jam 08.00. Karena udaranya sangat segar, namun tidak masalah pada siang hari juga. Menjelang dhuhurpun matahari disini tidak menyengat, karena disekitar situ ini dikelilingi pepohonan yang tinggi dan rimbun.

Tips berkunjung ke tempat wisata

1. Saat berselfie hati-hati liat posisi dan jaga sikap, karena disana terdapat danau. Jangan sampai tingkahlakunya berlebihan.
2. Pakailah fasion sebaiknya simple, namun tidak masalah asalkan hati-hati saat mendekati danau, khawatir terinjak atau terpeleset.
3. Selalu jaga adab dan sikap saat berkunjung.
4. Bawa makanan dan minuman buat cemilan disaat istirahat. Jangan lupa bawa roti, untuk memberi pakan ikan.
5. Buanglah sampah pada tempatnya.

Itulah tempat wisata situ sangiang majalengka. Berkunjung ke objek wisata ini, mengajarkan hal tentang etika, kerendahan hati sebagai rasa hormat serta penghargaan kepada leluhur yang telah berjasa. Semoga menjadi bagian referensi untuk berlibur.