Mengenal Eksotisme Taman Nasional Karimunjawa

Diposting pada

Taman nasional karimunjawa merupakan Wisata alam di Indonesia, yang memang tidak bisa diragukan lagi keindahannya. Salah satu wisata alam yang terkenal dengan keindahan lautnya dan bukit serta hutan yang indah.

taman-nasional-karimun-jawa
Taman Nasional Karimunjaya By nurburhan_karimunjawaexplore

Karimunjawa merupakan destinasi wisata kepulauan yang menjadi bagian dari Taman Nasional Karimunjawa. Terletak di Kabupaten Jepara dan masih termasuk bagian dari laut Jawa, membuat tempat ini menawarkan pemandangan yang eksotis. Yuk, simak ulasan tentang destinasi wisata populer satu ini.

Taman Nasional Karimunjawa

Menjadi destinasi wisata yang terdiri dari lautan serta daratan, membuat Karimunjawa masuk daftar destinasi yang tidak bisa dilewaktkan begitu saja. Luas daratannya sekitar 1.500 hektar serta luas perairannya sekitar 110.000 hektar.

Adanya dukungan pemerintah juga, membuat destinasi wisata ini berkembang semakin pesat. Hal ini terbukti bahwa pariwisata satu ini digemari para wisatawan lokal maupun mancanegara.

wisata-karimunjaya
Image By Instagram @sayemstreet

Karimunjawa menyuguhkan pemandangan menakjubkan dari terumbukarang, keindahan gugusan pulai lengkap dengan pantainya yang bersih. Tidak hanya itu Karimunjawa juga menyajikan pemandangan perbukitan yang memukau dengan mengunjungi Bukit Nyamplungan, Bukit Love dan Bukit Joko Tuo.

Jangan lewatkan hutan mangrove yang juga siap dijelajahi. Selain tempat-tempat yang indah, Karimunjawa juga menyediakan resort dan penginapan.

Rute Perjalanan Menuju Karimunjawa

Akses untuk menuju Taman Nasional Karimunjawa memiliki dua pilihan yakni jalur udara dan laut. Jika perjalanan dilakukan mengunakan jalur udara maka harus menuju bandara Ahmad Yani di Semarang. Perjalanan dilanjutkan ke Pulau Kemujan melalui bandara Dewa Daru yang memakan waktu 30 menit.

Sementara jika menggunakan jalur laut dari Semarang menuju pelabuhan Tanjung Mas menggunakan kapal KMC Kartini dengan jarak tempuh kurang lebih 4 jam. Jalur alternatif lainnya bisa dari Jepara mengunakan KM Muria melalui Pelabuhan Kartini. Jarak tempuh yang dilalui kurang lebih 5 jam.

Keseruan di Taman Nasional Karimunjawa

Menyelam menjadi aktivitas utama untuk menikmati keelokkan bawah laut, ada bangkai kapal Panama INDONO yang tenggelam pada 1955 yang menjadi habitat ikan karang di Pulau Kemujan. Ada alternatif lain bagi yang belum bisa menyelam yaitu Snorkeling. Rasakan sensasi menikmati pesona bawah laut dari permukaan air. Keindahan bawah laut Karimunjawa tetap bisa dinikmati dengan sarana Glass Bottom Boat.

ikan-khas-karimunjawa
Jepretan by @rofiun

Mandi di Pantai dan berjemur adalah kegiatan yang bisa dilakukan selanjutnya. Pulau Menjangan Besar dan Pulau Cemara Kecil menjadi pantai yang cocok untuk melakukan aktivitas mandi di Pantai dan berjemur. Kegiatan selanjutnya yang juga bisa dicoba di Taman Nasional Karimunjawa adalah berenang dengan ikan hiu di Karimunjawa akan memberikan sensasi tersendiri karena hiu yang ada sudah jinak dan terlatih.

Mengenal Kehidupan Suku Bugis Lebih Dekat

Jika ingin melihat kehidupan masyarakat suku Bugis lebih dekat ,mengunjungi rumah khas Bugis menjadi aktivitas yang seru. Aktivitas lain yang bisa dicoba yakni wisata kuliner untuk menikmati hidangan khas Karimunjawa diantaranya Bakso Ikan ekor Kuning, Lontong Krubyuk, Pindang Serani dan lain sebagainya.

Berbelanja oleh-oleh untuk sanak saudara atau kolega tidak boleh dilupakan. Gereh Iwak Teri merupakan oleh-oleh khas dari Taman Nasional Karimunjawa yang bisa dibawa pulang.

Karimunjawa adalah kepulauan yang tidak dialiri listrik selama 24 jam. Hal itu mungkin disebabkan oleh infrastruktur yang belum memadai, kendati demikian listrik disana menyala dari pukul 18.00 hingga 06.00 WIB. Penting untuk diingat agar peralatan elektronik tidak kehabisan baterai.

Keindahan Taman Nasional Karimunjawa tentunya menjadi tanggung jawab semua pihak agar tetap menjadi wisata andalan milik Indonesia. Apalagi Karimunjawa menjadi tempat hidup banyaknya ekosistem yang juga menakjubkan. Mari menjadi wisatawan yang bijak.