Tempat Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu Lembang Bandung

Diposting pada

Cari info yuk tempat wisata alam yang ada dibandung, disana banyak sekali tempat pariwisata yang cocok untuk anak-anak dan sekeluarga, spot foto yang tidak kalah menarik, dan rute jalan yang memadai serta fasilitas yang sangat komplit. Sobat cariinfoyuk.com sekarang kita akan memberikan informasi tempat wisata alam gunung tangkuban perahu lembang bandung.

Profil Wisata Tangkuban Perahu

Wisata alam Gunung Tangkuban Perahu terletak 30 km utara kota Bandung jawa barat indonesia, tepatnya didaerah cikole lembang. Ketinggian puncaknya sekitar kurang lebih 2000 meter di atas permukaan laut. Pernah beberapa kali erupsi, terakhir di tahun 2015. Kawah utama tidak bisa dikunjungi untuk saat ini, tapi bisa dilihat dari atas dan cukup aman bagi pengunjung karena dibatasi oleh pagar. Kendaraan mobil & motor bisa parkir dekat dengan area kawah utama. Sedangkan kawah yg dapat dikunjungi hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 25 menit.

lokasi-tangkuban-perahu

Di area kawah ini pengunjung bisa merebus telur pada kawah / air panas alami yang terdapat di area kawah. Di tempat wisata ini pengunjung bisa membeli beragam oleh-oleh antara lain: belerang, teh benalu, topi dari bulu kelinci dll. Berbagai jajanan ataupun panganan berat bisa diperoleh dengan mudah di sini. Jika berkunjung ke sini dianjurkan membawa pakaian hangat (Jacket, Sweather, dll) karena suhu udara cukup dingin berkisar 15 Celcius pada pagi hari.

Tempat wisata alam gunung tangkuban parahu lembang bandung merupakan gunung yang masih aktif dan terkenal di Bandung. Memiliki pemandangan yang indah. Gunung ini berbentuk sangat unik, yaitu seperti perahu yang tertelungkup atau terbalik, dalam bahasa sunda disebut parahu nangkub. Hawa dingin dan segar akan menyambut sobat di kawasan ini. Di sini sobat dapat menunggangi kuda yang banyak disewakan, sangat cocok digunakan sebagai tempat wisata keluarga.

  1.  Sejarah dan mitos legenda tangkuban perahu

    Legenda tangkuban perahu dan unsur intrinsiknya secara singkat, bahwasannya cerita ini yang dialami saat masih kecil atau lagi disekolah dan menjadi bahasan di suatu pelajaran sejarah dan menjadi suatu sarana belajar membuat artikel dari dongeng gunung tangkuban perahu, jadi cerita tangkuban perahu ini menurut mitos yang tersebar dan pernah saya dengar, adalah cerita antara sangkuriang dengan dayang sumbi.Suatu cerita antara anak sangkuriang dengan ibunya dayang sumbi yang hidup di hutan belantara dan ditemani seekor anjing yang dinamain situmang, Sebenarnya anjing ini adalah ayah kandungnya sendiri suami dari dayang sumbi.

    Dengan keberadaan mereka berdua di hutan, sangkuriang mencari makan dengan alakadarnya saja berburu dihutan, suatu ketika sangkuriang berburu namun belum bisa mendapatkan buruannya, malam sudah tiba dan takut dimarahi sama ibunya belum mendapatkan buruan, alhasil dia membunuh situmang untuk dijadikan santapan makanannya.

    Mereka sangat menikmati hidangan makanan hasil buruan sangkuriang, namun dayang sumbi merasa ada yang kurang, karena setiap mereka makan pasti si tumang selalu menunggu bagiaanya, akhirnya dayang sumbi bertanya pada sangkuriang tentang keberadaan situmang, sangkuriang menjawab dengan agak gelisah dan takut untuk mengatakan hal sebenarnya, namun karena terdesak akhirnya sangkuriang menceritakan hal sebenarnya, dayang sumbi sangat kecewa dan merasa berdosa sekali memakan hidangan makanan itu ternyata daging suaminya, akhirnya dengan kemarahan dayang sumbi, sangkuriang diusir oleh dayang sumbi dari rumahnya.

    Dayang sumbi merasa sedih karena ditinggal situmang suaminya dan merasa sedih juga mengusir anaknya, karena dayang sumbi harus hidup sendirian di hutan belantara, dia selalu berdoa agar bisa bertemu lagi dengan anaknya dan meminta agar dayang sumbi awet muda agar masih bisa bertemu dengan anaknya.

    Sangkuriang sudah lama tidak bertemu ibunya dan sekarang sudah dewasa, berkat doa dayang sumbi akhirnya dipertemukan kembali, namun mereka tidak saling mengenal karena sudah lama tidak bertemu, sangkuriang terpesona kepada dayang sumbi atas kecantikan dan pesona dayang sumbi, dan dayang sumbipun terpesona atas ketampanan sangkuriang.

    Sangkuriang akhirnya meminta dayang sumbi menjadi istrinya untu menjalin rumah tangga. Dikemudiam hari dayang sumbi saat berduaan melihat tanda di kepala sangkuriang dan teringat dengan tanda itu kaya tanda anaknya, akhirnya dayang sumbi dengan rasa berat harus memastikan itu.

    Dayang sumbi meyakini dan ternyata benar bahwa tanda itu adalah sangkuriang anakya. Dayang sumbi merasa bersalah dan kaget bahwa yang menikahinya adalah anak kandung sendiri, karena merasa berdosa akhirnya dayang sumbi menjelaskan bahwa dayang sumbi adalah ibu kandungnya sankuriang. Namun sangkuriang menepisnya dan tidak mempercayainya karena dayang sumbi terlihat sebaya dengan sangkuriang.

    Dayang sumbi merasa tidak ada cara lain untuk bisa meyakinkannya, akhirnya dayang sumbi memberikan mengajukan syarat pada Sangkuriang. Pemuda itu harus bisa membuat danau dan perahu dalam semalam agar keesokan harinya mereka bisa berkeliling danau berdua.Menjelang pagi, danau dan perahu yang dibuat Sangkuriang hampir selesai, Dayang Sumbi pun khawatir dan berdoa agar matahari segera terbit. Doanya terkabul, matahari terbit dan Sangkuriang belum berhasil menyelesaikan perahunya. Karena marah, Sangkuriang lantas menendang perahu setengah jadi tersebut ke tengah danau. Perahu mendarat dalam posisi terbalik. Perahu itulah yang kemudian disebut sebagai Gunung Tangkuban Perahu.

  2. Alamat wisata tangkuban perahu bandung

    Alamat : Jalan Raya CikahuripanTangkuban Perahu, Lembang, Jawa Barat 40391

  3. Jam buka tangkuban perahu lembang

    Jam operasional atau jam buka wisata tangkuban perahu dibuka setiap hari, pukul. 7:00-17:00, dan untuk kawah domas pukul. 7:00-14:00

  4. Waktu yang sering dikunjungi

    Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Tangkuban Perahu adalah saat musim kemarau (Mei-November). Disarankan berangkat pagi hari dari Bandung supaya menghindari kemacetan lalu lintas yang mungkin terjadi. Pada musim hujan, terutama bulan Desember dan Januari, puncak Tangkuban Perahu umumnya akan diliputi kabut, jalan menuju Kawah Domas juga menjadi sangat licin.

  5. Harga tiket masuk wisata tangkuban perahu

    a. Untuk wisatawan lokal

    – Tiket Senin-Jumat (Weekday) Rp 20.000
    – Tiket Sabtu-Minggu (Weekend) Rp 30.000

    b.Untuk wisatawan asing
    – Tiket Senin-Jumat (Weekday) Rp 200.000
    – Tiket Sabtu-Minggu (Weekend) Rp 300.000

    Harga-tiket-masuk-wisata-tangkuban-perahu

  6. Harga Tiket parkir Tangkuban Perahu

    a. Untuk wisatawan lokal
    – Parkir Sepeda Rp 7.000
    – Parkir Motor Rp 12.000
    – Parkir Mobil Rp 25.000
    – Parkir Bus Rp 110.000

    b. Untuk wisatawan asing
    – Parkir Sepeda Rp 10.000
    – Parkir Motor Rp 17.000
    – Parkir Mobil Rp 35.000
    – Parkir Bus Rp 150.000

Pesona 3 kawah gunung tangkuban perahu

Nama Pesona 3 kawah gunung tangkuban perahu yang terkenal dari 10 kawah lembang lainnya di lembang bandung.

  1. wisata kawah ratu tangkuban perahu lembangTempat wisata alam yang ada di Lembang ini merupakan salah satu tempat wisata alam terpopuler dari beberapa tempat wisata lembang dan wisata bandung lainnya yang sangat eksotik. Kawah Ratu Gunung Tangkuban Perahu merupakan bagian dari tempat wisata alam Gunung Tangkuban Perahu yang luasnya kurang lebih 8000 hektar. Terletak di utara kota Bandung, tepatnya di desa Cicadas, kecamatan Sagalaherang, Jawa Barat.Wisata alam Kawah yang paling terkenal di wisata Tangkuban Perahu adalah Kawah Ratu.Alasan dinamai Kawah Ratu karena wisata kawah ini memiliki ukuran lebih besar diantara kawah yang lainnya. Wisata alam Gunung Tangkuban Perahu sendiri memiliki puncak gunung yang tinggi dan sangat indah pemandangannya.Jika ingin berlibur ke wisata kawah ratu tangkuban perahu lembang sebaiknya saat cuaca cerah karena kawah ratu akan terlihat indah dan pesonanya akan terlihat lekukan-lekukan dari kawah tersebut.

    tempat-wisata-alam-tangkuban-perahu

  2. Wisata kawah Upas tangkuban perahu lembangKalau bener-benar sampe Kawah Upas, pemsobatngannya indah banget. engga kalah sama wisata alam gunung Bromo, karena suasananya sangat dingin dan sejuk sekali dan selain memiliki pemsobatngan hutan dan pemsobatngan tebing.Jika ingin berlibur ke bandung di wisata kawah upas tangkuban perahu lembang sebaiknya saat terbit matahari, karena sobat akan melihat indahnya panorama yang baru terbit balik gunung. Cocok banget untu selfie, karena spot foto yang sangat bagus sekali.
  3. wisata kawah domas tangkuban perahu lembangkawah domas ini tidak menyerupai kawah seperti halnya kawah ratu dan kawah upas, karena kawah domas menyerupai seperti longsoran tebing yang berwarna putih, bagian tebingnya agak terlihat berwarna kuning, dan bagian tebing mengeluarkan asap belerang, baunya cukup kuat karena langsung dari rongga-rongga namun dari pihak tangkuban perahu meyakinkan tidak akan mengganggu untuk kesehatan, namun kalau tidak kuat dengan belerangnya harus pake masker, khawatir dengan udara sejuk dan dingin serta bau belerang mengakibatkan mual.Di kawah domas ini kebanyakan orang menikmati hangatnya air belerang untuk merendamkan bagian tubuh yang gatal, karena dengan air belerang beranuggap dapat menyembukan penyakit gatal.Kawah domas belum serame kawah lainnya, karena ada kemungkinan orang-orang belum mengetahuinya, karena dari petunjuk untuk tujuan wisata alam kawah domas sangat kecil. Jaraknyapun lumayan jauh kurang lebih 1.3 km dan jalannya agak sedikit adrenalin, namun ga perlu khawatir karena ada pemandunya khusus di kawah domas ini.

Itulah Pesona 3 kawah gunung tangkuban perahu yang terkenal di lembang dari 10 kawah lembang lainnya di lembang, untuk 7 kawah lainnya diantaranya, Kawah Lanang, kawah baru, kawah ecoma, kawah siluman, kawah jarian, kawah jurig dan kawah panggunyangan.

Fasilitas tempat wisata alam gunung tangkuban perahu lembang

Fasilitas wisata gunung tangkuban perahu sudah dianggap komplit untuk berlibur di bandung, hal yang sangat penting untuk mengetahui fasilitas suatu tempat wisata, fasilitas tempat wisata tangkuban perahu diantaranya

A. Hotel,villa atau penginapan yang dekat dengan wisata tangkuban perahu dan sekitarnya.

Lokasi wisata alam Gunung Tangkuban Perahu lumayan jauh dari kota Bandung sehingga para wisatawan yang ingin berlama di bandung pasti mencari hotel murah di Bandung terutama yang hotel murah terdekat dengan lokasi wisata Gunung Tangkuban Perahu. Nah, untuk itu berikut daftar hotel yang berlokasi terdekat dengan Gunung Tangkuban Perahu di Lembang Bandung.

  • Vila Air Natural Resort Lembang
    Kompleks Vila Istana Bunga, Jl. Kolonel Masturi Kilometers 9, Lembang, Bandung, Indonesia, 40599
  • Villa Qfa Syariah
    Villa Istana Bunga Block D2 no. 2B,Parongpong-Lembang-Jawa Barat, Lembang, Bandung, Indonesia
  •  Maple House Lembang
    Komplek Vila Istana Bunga Jl. Kolonel Masturi km.9 parongpong Cisarua, Lembang, Bandung, Indonesia, 40559
  • Lembang Asri Resort
    Jl. Kolonel Masturi, Kilometer 4, Lembang, Bandung, Indonesia, 40391
  • Dusun Bambu Resort
    jl kolonel masturi km 11, Lembang, Bandung, Indonesia, 40551
  • Villa Gerbera II Lembang
    Jalan Kolonel Masturi km 9, Parompong Cisarua ( Komplek Villa Gerbera – Villa Istana Bunga), Lembang, Bandung, Indonesia, 40559
  • Villa GH – 2 Lembang
    Komplek Villa Istana Bunga, Jalan Kolonel Masturi KM Sembilan, Parompong Cisarua, Lembang, Bandung, Indonesia, 40559
  • Villa Tangkuban perahu
    Jalan Raya Tangkuban Perahu No. 55 Lembang, Lembang, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40133

Banyak sekali website atau aplikasi yang menawarkan dan menyediakan layanan penginapan, hanya dengan genggaman tangan sobat dan tinggal klik sobat bisa mencari dan membooking tanpa perlu check in ketempatnya langsung, website atau aplikasi penunjang untuk mencari penginapan atau hotel diantaranya,

1. Booking.com
2. traveloka.com
3. agoda.com
4. tripadvisor.co.id
5. dan masih banyak yang lainnya.

B. Rumah Makan

Sobat tidak perlu khawatir jika sobat tidak mau ribet pergi ke tempat wisata alam tangkuban perahu malas dan ribet membawa makanan atau cemilan, disana terdapat kios dan rumah makan yang dekat dengan tempat wisata, untuk rumah makan terdekat ditempat wisata yang sering banyak dikunjungi yaitu rumah makan balibu, yang sangat kental rasanya yang khas sunda banget.

C. Tempat Jual oleh-oleh

Rasanya tidak puas kalau berpariwisata tanpa membawa oleh-oleh, apalagi ada sanak keluarga yang ga bisa ikut, kita bisa membelikanya sebagai rasa kebersamaan terhadap keluarga dan juga sangat disayangkan klo berpariwisata tanpa membawa oleh-oleh yang khas ditempat pariwisata tersebut.

Tips wisata ke gunung tangkuban perahu

  1. Selalu mengikuti aturan yang sudah diberlakukan oleh pengelola wisata
  2. Selalu siap sedia untuk pakaian hangat (jaket, switer atau baju panjang), untuk menjaga kondisi badan dari dinginnya 2 derajat celsius
  3. Selalu siap masker jika menurut sobat tidak kuat untuk menghirup baunya belerang
  4. Jangan membuang sampah sembarangan demi kenyamanan dan lestarinya tempat wisata alam
  5. Jika sobat seorang vlog usahakan jangan terlalu sore, karena spot yang bagus saat pagi sampai siang
  6. Agar lebih menikmati wisata alam lebih baik saat kondisi cerah atau tidak hujan
  7. Jika ingin berpariwisata saat sore, usahakan sewa pemandu apalagi ke kawah domas karena jalanannya agak adrenalin.
  8. Hati-hati sama pedagang yang memaksa untuk membeli, tak heran setiap tempat wisata.

Rute tempat wisata tangkuban perahu

Rute tempat wisata alam tangkuban perahu bisa sobat memakai apllikasi navigasi atau bisa mengikuti petunjuk jalan tol, jika sobat ragu sobat bertanya demi sampainya ke tempat wisata, mungkin ini bisa menjadi refensi buat sobat yang ada disekitaran atau ingin menggunakan jalur yang kami referensikan.

a. Jakarta – bandung
Wisatawan dari arah jakarta biasanya melalui tol cikampek dilanjut tol cipularang dan keluar pintu tol pasteur dilanjut jalan menuju lembang dan akan ketemu jalan tangkuban perahu. Kondisi jalan rata-rata bagus dilalui kendaraan bermotor, tapi mesti hati-hati karena kondisi jalan yang belok belok khas jalan jalan di pegunungan. Perjalanan ditempuh sekitar 4-5 jam dengan jarak 174 km.

b. Jakarta – subang
Dari tol cikampek, dilanjut tol cipali dan masuk melalui jalan subang. Jarak dari jakarta ke tempat wisata berkisar 160 km ditempuh dalam waktu sekitar 3-4 jam perjalanan dengan kendaraan roda empat

c. Purwakarta, bandung barat – tangkuban perahu
Dari arah jalan pasteur, wisatawan tinggal mengarahkan kendaraan ke arah lembang dan jalan tangkuban perahu.

Mungkin ini bisa menjadi referensi buat sobat yang ingin berpariwisata ke tempat wisata di lembang Gunung Tangkuban Perahu, semoga membantu sobat sekalian yang cari info tempat wisata di bandung, untuk memudahkan sobat yang lain mendapatkan informasi tempat wisata di Lembang ini, sobat bisa menyebarkan artikel ini.