Tempat Wisata Alam Situ Patenggang Ciwidey Dengan Sejuta Keindahan

Diposting pada

Tempat wisata alam Situ patenggang ini menjadi destinasi menarik dengan keunikan danau yang berada pada ketinggian perbukitan. Kebun teh dan kabut tipis menghiasi suasana keasrian nya. Sangat cocok bagi traveller yang ingin menghabiskan hari libur.

Tempat wisata yang cukup bagus untuk liburan, rekreasi keluarga, foto preweding, bertamasya ala ala kekinian. Tempatnya emang cukup jauh sekitar 45 km dari pusat kota bandung, sehingga membutuhkan waktu 4 jam sampai disana menggunakan elf dan angkot. Tiket masuk pada cukup terjangkau sebanding dengan keindahan di dalamnya, banyak tempat foto foto yang bagus juga, jembatan yg baru dibuat, dan masih banyak lagi. Banyak juga yang jualan strawberry apabila kita pulang.

tempat wisata alam_situ_patenggang_batu-cinta

Tempat wisata keluarga yang sungguh memukau, alamnya bgt indah, dikelilingi oleh kebun teh yg indah banget, udaranya dingin dan akses jalan bagus mulus berhotmix dan pasti anda akan ketagihan. Disarankan bawa baju hangat atau mantel tebal. Untuk mengusir dingin anda bisa minum bandrek abah yg hangat2 rasanya.

Danau Situ Patenggang Ciwidey Bandung Salah satu spot destinasi wisata yang terkenal di Ciwidey, apalagi batu cintanya yang menjadi daya tarik wisatawan. Untuk mencapai spot ini anda harus menyewa perahu yang bisa dipakai beramai-ramai, satu tips jika anda ingin kesini, persiapkan baju ganti, jika tiba-tiba pakaian anda basah.

Sejarah Danau Situ Patenggang Ciwidey Bandung

Cariiinfoyuk sejarah Tempat wisata alam Situ patenggang dalam bahasa sunda, situ adalah situ serta patenggang berasal dari kata pateang-pateang (saling mencari). Sebuah kisah sepasang kekasih yang saling mencintai antara Ki Santang dan Dewi Rengganis. Mereka memiliki ikatan kasih yang kuat namun terpisah oleh jarak dan waktu (mitosnya mereka terpisah akibat peperangan yang sangat lama).

Karena perasaan dan kasih sayang yang begitu besar antara keduanya, akhirnya mereka berupaya untuk saling mencari (pateang-teang), hingga pada suatu hari mereka dipertemukan di sebuah batu besar. Batu tersebut dinamakan yang sekarang dinamakan Batu Cinta. Singkat cerita Rengganis meminta Ki Santang untuk dibuatkan sebuah danau dimana terdapat pulau kecil di tengahnya yang sekarang daratan kecil ini bernama Pulau Sasuka atau dalam bahasa Indonesia bernama Pulau Asmara, ki Santang akhirnya ia mengabulkan permintaan Dewi Rengganis.

Alamat Tempat Wisata Alam Situ Patenggang

Tempat wisata alam Situ patenggang di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali, Desa Patengan, Kec. Rancabali, Kab. Bandung, Jawa Barat 40973 – Indonesia.

Jam Operasional Situ Patenggang

Tempat wisata alam Situ patenggang dibuka setiap hari dari hari Senin s/d Minggu mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Situ Patenggang Ciwidey [ Update 2017-2018 ]

 

Jenis TiketSenin s/d Jumat (Weekday)Sabtu s/d Minggu dan Libur
Wisatawan LokalRp 18.000Rp 20.500
Wisatawan AsingRp 135.000Rp 185.000
Roda 2Rp 3.500Rp 3.500
Roda 4Rp 11.500Rp 11.500
Bus/TrukRp 22.000Rp 22.000

Daya Tarik Wahana dan Fasilitas

Tempat wisata alam Situ patenggang adalah sebagai tempat wisata, pastinya tempat ini mempunyai sarana dan prasarana wisata yang memadai, di antaranya:

1. Gazebo
Bagi anda yang datang dengan berombongan bisa berpiknik di pinggir danau dengan menyewa gazebo ataupun tikar yang ada disekitar danau. Dijamin seru dan andapun akan betah berlama-lama di objek wisata ini.

2. Toilet Umum
3. Mushola
4. Penginapan
a. Penginapan di area situ Patenggang
Penginapan tepatnya diatas Tempat wisata alam Situ patenggang dengan 2 kamar tidur, 2 kamar mandi, ruangan meeting cukup 30 0rang dan lebih menariknya ada tempat lesehan didepan dan bawahnya situ patenggang, enak banget buat ngumpul bareng sama teman, bercanda ria.

b. Hotel Terdekat di situ patenggang

Fabu Hotel Bandung
Jl. Kebon Jati no. 32, Bandung 40181, Indonesia
30,2 km dari Situ Patenggang

Emte Highland Resort
Jl. Raya Ciwidey – Rancabali Km.11, Ciwidey, Indonesia
2,6 km dari Situ Patenggang

Hotel Antik Soreang
Jl. Raya Soreang Cipatik No. 91,, Soreang 40912, Indonesia
15,8 km dari Situ Patenggang

Sutanraja Hotel & Convention Centre
Jl. Raya Soreang no. 10 Km. 17, Soreang 40911, Indonesia
16,5 km dari Situ Patenggang

5. Area Parkir
Tempat parkir di danau Tempat wisata alam Situ patenggang sangat luas dan dapat menampung banyak kendaraan baik kendaraan roda dua maupun roda empat bahkan bis sekaligus. Enaknya parkiran bis tidak jauh dari penginapan.
Penyewaan perahu
Sewa perahu dipandu sama pemandu, bayarnya sangat murah sekali dan sepuasnya. Kita bisa mengelilingi situ patenggang, dan pemandu juga dengan baik hati menunggu saat kita mengambil spot di lokasi batu cinta
6. Sepeda air
7. Toko souvenir
Toko souvenir banyak sekali, mulai dari jajanan hingga khas situ patenggang. Buka mulai pagi hingga jam 10 malam.

8. Rumah makan.

Untuk urusan makan, terdapat banyak alternative rumah makan yang bisa dijadikan tempat untuk mengisi perut. Beberapa rumah makan yang terkenal di antaranya adalah Cafe and Resto De Foret, rumah makan Sindang Reret dan rumah makan Saung Sari. Jika anda disana sewa penginapan, biasanya sudah disediain oleh pihak penginapan.

9. Perahu angsa

Tips Berwisata di Danau Situ Patenggang

  1. Usahakan berwisata ke Tempat wisata alam Situ patenggang dengan cuaca terang, karena disana kita akan merasa puas menikmati spotnya situ patenggang.
  2. usahakan membawa pakaian hangat seperti jaket atau jamper. Karena cuacanya sangat dingin sekali, apalagi saat hujan turun. Airnya dingin sekali, klo bermalam disana saya yakin bisa mandi 1 kali dalam sehari.
  3. Jika ingin naik perahu keliling danau, sebaiknya lakukanlah tawar menawar terlebih dahulu. Harga yang ditawarkan biasanya sekitar Rp.15.000,- tiap orangnya. Semakin banyak penumpang biasanya akan semakin murah. Apalagi kalo anda nginep di penginapan daerah sana harganya akan jauh lebih murah, harga perorangnya cuman 10.000.

Jalan menuju situ patenggang

Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

jalan_menuju_situ_patenggang_dari_jakarta

  1. Jakarta: 151 kilometer – Cipularang: 25.3 kilometer – Pintu Tol Kopo: 15.3 kilometer – Soreang: 14.2 kilometer – Ciwidey: 14.2 kilometer – Patengan / Patenggang.
  2. Jakarta: 151 kilometer – Cipularang: 32.5 kilometer – Tol Buah Batu: 12.4 km kilometer – Banjaran: 9.1 km kilometer – Soreang: 14.2 km kilometer – Ciwidey: 14.2 kilometer – Patengan / Patenggang.
  3. Jakarta: 151 kilometer – Cipularang: 19.6 kilometer – Leuwi Gajah: 16.9 kilometer – Soreang: 14.2 kilometer – Ciwidey: 14.2 kilometer – Patengan / Patenggang
  4. Rute Jalan dari Jakarta ke Patenggang apabila menggunakan kendaraan umum, maka Anda bisa menggunakan bus jurusan Leuwi Panjang Bandung. Dari Leuwi Panjang perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan mini bus jurusan Leuwi Panjang – Ciwidey. Setelah sampai terminal Ciwidey, kemudian naik angkot yang mengarah ke Patenggang.