Tempat Wisata Bandung Kawah Putih Ciwidey Yang Penomenal

Diposting pada

Tempat wisata Kawah Putih menjadi tempat pariwisata yang ada di Bandung yang bertempat di Ciwidey, kalau dari arah selatan kota bandung perkiraan kurang lebih sekitar 50 KM, Kawah Putih yaitu danau yang terbentuk secara alami akibat dari letusnya Gunung Patuha. tanah yang ada di tempat ini berwarna putih yang disebabkan oleh tercampurnya unsur belerang. Mungkin Selain tanahnya yang saat ini berwarna putih, air danaunya juga berwarna putih kehijauan pokoknya sangat indah dan alami. selain itu airnya dapat berubah warna akibat kandungan kadar belerangnya.

kawah-putih-ciwidey-bandung
suber : http://paketfotowedding.blogspot.co.id

Dengan ketinggian kurang lebih 2.400 meter diatas permukaan laut kawah putih ini tentu saja sangat dingin karena dinginya sampai 8-22 derajat selsius sob, maka dari itu klo datang kesana jangan so so an ga bawa jaket, karena kondisi tersebut akan membuat anda kedinginan, apalagi kalau kondisi sobat ga fit bisa berbahaya. Kalau perlu sobat bawa jaket yang agak dikit tebalan dah.

Ya sobat semua, jika sobat belum pernah sama sekali kesini, sobat perlu ketahui bahwa kawah putih ciwidey ini sangat indah sekali, bayangkan ama sama sobat semua dengan alam yang begitu mempesona ini sobat bisa merasakan panorama organik dan tak dari itu sob, kalo saya liat banyak mereka melakukan kegiatan saat di kawah putih diantaranya, sobat bisa mengabadikan jempretan sobat dengan berbagai kreasi kalo bahasa kekinian mh sobat yang suka selfie, sangat cakep sekali dengan background alami ini atau juga sebagai tukang review wisata di youtube cukup bagus dh, apalagi sobat buat yang pacaran tentram sekali kondisinya, sobat semua ampe-ampe yang prewedding ada juga disana.

Asal muasal kawah putih nih sob

Sobat semua, kita tidak bisa pungkiri bahwa disetiap tempat wisata yang oraganik atau alami pasti ada asal muasalnya, nah yang belum tawu asal muasal kawah putih mungkin bisa sedikit pemahaman, tapi jangan terlalu ditelan mentah-mentah ya, karena ane juga masih katanya, susah sob klo masalah sejarah itu banyak argumennya, mungkin leluhur kita juga bisa saja beda pemahamannya, nah jadi sejarahnya kawah putih itu terjadi karena letusan hebat dari gunung patuha yang terjadi pada abad ke 10, konon masyarakat sekitar beranggapan wilayah itu mistis, mitosnya burung yang terbang yang melintas ke area itu akan mati.

Namun dengan keberadaan seorang turis yang bernama Dr. Fraz Wilhem Junghuhun mencoba meneliti tentang mitos tersebut, Karena buat si dokter tersebut namanya mitos kurang percaya, mereka yang berpendidikan tinggi mengetahui keberadaan kawah putih tersebut pasti ada proses alam dan sebagainya.

tempat-wisata-kawah-putih-ciwidey-bandung
sumber : http://bandungtourexpert.com

Seorang dokter kebangsaan jerman itu akhirnya menulusuri tepatnya tahun 1837 mencari informasi ke masyarakat sekitarnya membenarkan mitos keangkeran tempat tersebut, benar faktanya anggapan masyarakat semuanya berargumen seperti itu. Dengan bekal pengetahuannya sidokter tidak percaya dan tidak masuk nalar dengan hal yang berbau mistis, akhirnya memutuskan untuk pergi dan langsung mencari tau kehutan yang ada dikawasan gunung patuha itu, ya iyalah mana ada di luar negeri adanya kuntilanak, genderewo dan semacamnya. Nah akhir perjalanan tersebut sidokter berhasil dipuncak ketinggian gunung patuha, ternyata oh ternyata semua itu hanya mitos, yang ada malah sidokter itu melihat sebuah danau yang begitu manakjubkan atas semua kelelahan dan rasa penasarannya, dikawasan itu terdapat kawah yang berwarna putih dan penuh belerang yang bau dan menyengat.

Dan pada akhirnya sidokter itu mendokumentasikannya dan melaporkan hasil penelitiaanya kepada pemerintah sekitar, pemerintah sangat antusias atas laporannya, dan langsung mengembangkannya sebagai wahana wisata, yang mulai dikenalkan mulai tahun 1987.

Sobat yang mau rute perjalanannya nih

Jika sobat wisatawan luar bandung, contohnya dari Jakarta, jika sobat menggunakan mobil pribadi atau rombongan, sobat ga usah khawatir. sobat hanya ikuti jalur tol cipularang menuju pintu tol kopo, dari sana sobat menuju soreang, klo ga twu coba dikit Tanya saja, soalnya ane juga agak lupa, dan sampe situ coba tanyain yang ke arah selatan ciwidey, tepatnya di km 25 sobat tidak jauh lagi dan berdekatan juga dengan situ patenggang, dan perlu berhati sebagai driver karena jalannya cukup untuk 2 mobil saja, yak lo ketemu bus, agak mepet-mepetan.

Jika sobat menggunakan bis atau angkutan umum, yang menjadi titik patokan yaitu terminal leuwi panjan, dari situ naik angkot yang ke ciwidey, dan dari terminal ciwidey anda naik angkot menuju situ patenggang, dan minta turun di gerbang kawah putih.

Sobat mesti tahu fasilitas disana

Terkadang klo kita berwisata fasilitas bukan menjadi masalah, padahal klo kita tahu fasilitas yang ada disuatu tempat, kita bisa menghemat semua yang harus dibawa dan aktifitas disana yang mungkin perlu alat atau bantuan, kita tidak lagi kebingungan, pra sarana dalam suatu wisata itu menjadi hal penting untuk kita, contohnya sarana beribadah, mungkin sobat akan kebingungan sebagai muslim, udah waktunya sholat tapi ga ada sarana ibadah, mo buang hajat juga susah klo ga ada sarana toiet umum.

Nah ini sobat sarana pra sarana yang ada di kawah putih :

1. Tempat parkir

Oh tentu tempat parkir adalah sarana yang mungkin harus ada, lah sobat klo kesana bawa kendaraan mo taruh dimana, dan mungkin sobat bisa memparkir disembarang tempat, cuman sobat pasti kepikiran atas ketidaknyamanan parkir disembarang tempat karena kondisi simobil takut ada yang usil.

2. Mushola

Sobat sebagai muslim, tak usah takut disana juga sudah disediakan tempat shalat, tempat shalatpun disana cukup memadai.

3. Transportasi menuju kawah

Kebetulan tempat parkir disana dibagi 2 tempat yaitu dibwah dan diatas, nah klo sobat lagi apes parkir dibawah masa sobat harus jalan menuju puncak gunung, tenang sob, disana udah siap transportasi menuju lokasi, apalagi sobat yang naik kendaraan umum cukup memudahkan semapi ketujuan.

4. Pusat informasi

Sebagai wahana tempat wisata yang baik, itu setidaknya harus ada pusat informasi, karena dengan begitu memudahkan para wisatawan mengetahui peraturan atau bantuan yang cepat.

5. Restoran

Wih bagus juga sob, disana udah disediakan restoran, jadi sobat ga bawa berat bawa makanan dari rumah ya, yang berat bawa uang disaku saja. Karena atm belum ada disana.

6. Toilet

Nah sobat yang sering cepet buang air kecil dengan kondisi dingin, tenang toilet udah dimana-mana sob. Sob harganya lumayan murah bingit Menjadi suatu kepenasaran dan memikat seseorang untuk berlibur, yang paling pertama di lihat itu harga tiketnya. nah klo sobat penasaran, sobat ga perlu sok karena masuk kesana cuman dihargain per orang nya cuman 15.000 rupiah doing, itu sih udah lama ane kesana. Mungkin saat ini belum berubah kayanya.