Tempat Wisata Ranca Upas Smart Camp Adventure Bandung Jawa Barat Indonesia

Diposting pada

Kota bandung sebutan varis van java memang sangat cocok sahabat cariinfoyuk, karena salah satu tujuan wisata paling populer di kalangan wisatawan lokal atau luar. Hal ini tentu saja didukung oleh banyaknya tempat wisata alam serta tempat perbelanjaan hingga kuliner bisa ditemukan disini.

1. Tentang Tempat Wisata Ranca Upas Smart Camp Adventure

tempat-wisata-kawasan-ranca-upas

Bandung selalu menghadirkan berbagai wahana tempat wisata alam yang siap memanjakan para wisatawan. Mulai dari air terjun hingga pegunungan yang menampilkan panorama yang cukup eksotis dan menawan . Diantara tempat wisata alam yang cukup banyak dikunjungi adalah tempat wisata ranca upas smart camp adventure bandung jawa barat indonesia.

Tempat wisata alam untuk keluarga ini menjadi salah satu daerah wisata alam terbaik dan juga menjadi salah satu daerah perkemahan paling populer yang bisa dikunjungi wisatawan untuk melihat keindahan alam lebih dekat. Tempat wisata alam Ranca Upas atau tempat Kampung Cai Ranca Upas merupakan salah satu daerah dan tempat wisata yang berada di sekitar Bandung Selatan dengan lahan kurang lebih seluas 215 hektar.

Tempat wisata alam ini menjadi salah satu tempat wisata hutan lindung yang berada di wilayah Bandung, karena disini sebagai pelestarian aneka ragam flora langka . Para wisatawan bisa mengetahui beberapa tanaman langka seperti tanaman Jamuju, tanaman Huru, tanaman Hamirug, Kihujan ke Kitambang dan juga ada beberapa fauna yang terlindungi di tempat wisata ini seperti burung dan rusa.

Tentu membuat para wisatawan harus menyiapkan jaket ekstra, karena Jika Anda berada di tempat wisata Ranca Upas ini di malam hari, suhu yang bisa dirasakan di tempat wisata ini bahkan bisa mencapai 0 derajat celcius . tempat wisata alam hutan lindung ini masih sangat alami dan juga indah. Udara dan suhu yang bisa dirasakan di sini sangat dingin dan terkadang cenderung ekstrem. Pada saat-saat tertentu suhu di sekitar tempat wisata ini berkisar antara 17 derajat celcius sampai 20 derajat celcius. Tentu saja cuaca cukup dingin untuk membawa jaket tebal atau kemeja.

Tempat wisata lindung Ranca Upas sangat cocok bersama keluarga, teman dan pasangan. Liburan disini dapat menikmati dan menyaksikan keindahan alam pegunungan yang masih sangat indah dan natural tentunya juga memberikan pengalaman tersendiri. Ditambah dengan suhu udara yang cukup dingin dan cenderung ekstrem yang membuat para wisatawan nampaknya berada di Pegunungan Alpen. Sayangnya tidak ada salju di sini yang membuat suasana mungkin sedikit kurang.

A. Sejarah dan Mitos Legenda Ranca Upas

Sejarah ranca upas ciwidey sangat erat kaitannya dengan sejarah Gunung Patuha. Masyarakat Ciwidey menganggap bahwa Gunung Patuha merupakan gunung tertua yang ada di daerah Bandung Selatan. Secara terminologi, kata “Ranca Upas” terdiri dari dus suku kata, yaitu:

(1) Ranca: dalam bahasa Indonesia memiliki makna rawa, sedangkan
(2) Upas: sendiri adalah salah satu jenis pohon keluarga moraceae.

Pohon ini merupakan pohon beracun yang pada jaman dahulu sering digunakan untuk meracuni anak panah. Sesuai dengan namanya, yaitu “Ranca Upas” awalnya merupakan sebuah daerah rawa yang pada masa dahulu ditumbuhi tanaman dan pepohonan yang salahsatunya dikenal dengan pohon upas. Hal ini ada kaitannya dengan kebiasaan masyarakat Sunda yang memiliki kebiasaan unik dimana untuk menamakan suatu daerah selalu disesuaikan dengan ciri khas faktor fisik geografis daerah setempat agar mudah untuk mengingatnya, demikian juga dengan nama Ranca Upas.

Secara Historis, tidak ada satupun sumber sejarah yang pasti mengenai asal usul nama Ranca Upas, akan tetapi apabila melihat fenomena yang ada dilapangan, memang benar bahwa Ranca Upas merupakan interpretasi sebuah daerah dimana dahulu merupakan area rawa yang berada diantara perbukitan dengan lereng datar yang luas.

Ranca Upas pertama kali dikelola oleh pengawasan BKPH Tambakruyung, RPH Ranca Upas. Pertama kali dibuka untuk umum sekitar tahun 1980an sebagai camping graound dan penangkaran rusa jenis Cervus timorensis dengan jumlah awal sebanyak 8 ekor.

B. Alamat Tempat Wisata Keluarga Ranca Upas

Tempat wisata hutan lindung Ranca Upas ini berada di Jalan Ciwidey-Patengan Km. 11, Patengan, Rancabali, Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973, Indonesia.

C. Jam Operasional

Jam operasional atau jam buka wisata ranca upas setiap hari 24 jam.

D. Waktu yang sering dikunjungi

tingkat kunjungan di obyek wisata ini meningkat hingga 10 persen. Pada akhir pekan biasa, jumlah pengunjung bisa mencapai 1.500 orang. Jumlah itu diperkirakan meningkat sedikitnya dua kali lipat pada libur tahun baru.

E. Harga tiket masuk wisata

Kategori                                 Harga (Rp.)
Tiket Masuk/orang            Rp 10.000
Kendaraan Roda 2             Rp 2.000
Kendaraan Roda 3             Rp 5.000
Kendaraan Roda 6/Bus    Rp 20.000

2.  Fasilitas Tempat Wisata Alam Hutan Lindung Ranca Upas

Ranca Upas tempat wisata hutan lindung telah menjadi salah satu obyek wisata alam terpadu. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya fasilitas pendukung pemandangan ini. Selain menjaga keaslian hutan lindung di dalamnya, tempat wisata ini juga menyediakan berbagai fasilitas wisata yang bisa memanjakan para wisatawan. Ada beberapa fasilitas yang siap memanjakan para wisatawan saat menginjakkan kaki di tempat hutan lindung ini.

a. Fasilitas Area Camping Ranca Upas Smart Camp Adventure

fasilitas yang bisa digunakan oleh para wisatawan. Tempat kemping ini menjadi salah satu alasan mengapa tempat wisata lindung Ranca Upas cukup terkenal. Tempat berkemah ini disediakan oleh pengelola Kampung Cai Ranca Upas ini menjadi salah satu tempat untuk berkemah bagi wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini. Dan daerah luas ini bisa menampung pengunjung dengan kapasitas sekitar 10.000 ribu orang. Tempat berkemah ini sangat luas dengan pemandangan hutan sekitarnya. Tentu ini bisa memudahkan pengunjung untuk memilih tempat yang tepat untuk berkemah di sekitar empat wisata alam ini.

b. Penangkaran Rusa

tempat wisata hutan lindung ini menjadi salah satu habitat dari rusa-rusa yang dilindungi. Dan pengelola tempat wisata hutan lindung Ranca Upas ini sudah menyediakan area penangkaran rusa yang bisa dinikmati oleh para wisatawan ketika berlibur ke sini.Objek Wisata yang berada di Bandung Selatan memang menjadi salah satu tempat yang difungsikan untuk konservasi fauna. Dan di sini rusa menjadi salah satu fauna yang dibiarkan untuk hidup dan berkembang biak di alam bebas. Dan Ranca Upas dibangun disesuaikan dengan habitat aslinya.

tempat-wisata-ranca-upas-penankaran-rusa-ciwidey

Para pengunjung bisa menikmati suasana dingin dan juga hawa yang sejuk hingga menusuk tulang sembari menikmati keindahan alam pegunungan yang terhampar dan juga melihat kehidupan para rusa yang dilindungi di sini. Bukan hanya melihat rusa lebih dekat saja, para pengunjung juga bisa ikut memberi makan para rusa dan membelai bulu-bulu rusa yang cukup halus.

c. Kolam Pemandian Air Panas

Tidak pas rasanya tempat wisata hutan lindung yang dingin ini tidak memiliki pemandian air panas. Pengelola Ranca Upas tampaknya sudah mengerti dengan hal ini. Oleh sebab itu di tempat wisata hutan lindung ini sudah tersedia kolam pemandian air panas. Tempat yang memiliki hawa yang cukup sejuk, dingin dan cuaca yang kadang ekstrim ini sudah memberikan fasilitas kolam air panas. Para wisatawan bisa berendam dan juga mandi di kolam air panas ini sembari menikmati pemandangan alam di sekitar tempat wisata hutan lindung ini.

tempat-wisata-ranca-upas-tempat-renang

Selain kolam pemandian air panas, pengelola tempat wisata hutan lindung Ranca Upas ini juga sudah menyediakan waterboom. Di area ini para pengunjung bisa berenang dan bersenang-senang bermain air di sekitar Ranca Upas. Fasilitas ini tentu saja sangat pas untuk dikunjungi bersama keluarga. Sebuah liburan yang tentu saja menyenangkan.

d. Fun Adventure

Tempat wisata hutan lindung yang berdekatan dengan tempat wisata Ciwidey ini menyediakan fasilitas yang bisa mendukung para pengunjung untuk melakukan kegiatan Outbond. Tentu saja kegiatan ini akan semakin menarik dan menantang dengan adanya panorama di sekitar hutan lindung tersebut.
Fasilitas wahana permainan yang bisa ditemukan di area ini adalah Flying Fox, Elvis Bridge, Burma V, Jembatan goyang, paintball hingga sepeda gunung. Tentu saja para wisatawan akan dimanjakan di wahana permainan ini. Area Fun Adventure sangat pas bagi para wisatawan yang berlibur bersama keluarga atau teman-teman. Kegiatan outbond tentu saja bisa menjamin kebersamaan para wisatawan yang berlibur ke tempat hutan lindung tersebut.

e. Fun Games

Sementara fasilitas Fun Games juga bisa digunakan oleh para pengunjung yang datang bersama keluarga dan juga rombongan. Di tempat wisata hutan lindung ini sudah tersedia fasilitas dan wahana permainan yang tentu saja bisa memberikan sensasi berlibur yang semakin menarik. Di area Fun Games ini para pengunjung bisa mencoba wahana permainan perahu-perahuan yang memiliki bentuk seperti kayak. Perahu ini bisa membawa para pengunjung ke area kolam dengan panorama di sekitar Ranca Upas yang sangat eksotis.

f. Oleh- oleh ranca upas

Berlibur ke suatu daerah tentu saja tidak pas dan kurang lengkap rasanya jika tidak membeli suvenir atau cinderamata. Apalagi jika berlibur ke kampung wisata dan hutan lindung Ranca Upas. Di tempat wisata hutan lindung ini memiliki salah satu oleh-oleh khas dari Ciwidey yang sangat terkenal adalah dodol strawberry. Para pengunjung tidak akan sulit menemukan para penjual dodol. Pasalnya para penjual dodol ini banyak ditemukan di sekitar tempat wisata Ranca Upas. Para pengunjung bisa membeli oleh-oleh khas Ciwidey ini disana.

Dodol strawberry yang merupakan salah satu oleh-oleh khas ini dibuat oleh para penduduk lokal yang tinggal di sekitar Ciwidey atau Ranca Upas. Biasanya masyarakat di sekitar Ciwidey memiliki perkebunan strawberry yang buahnya diambil dan diolah sendiri. Tentu saja pembuatan dodol ini dibuat secara alami dan tidak memakai bahan pengawet seperti di pabrik-pabrik. Para pengunjung bisa membeli aneka dodol strawberry ini dengan harga sekitar 8 ribu hingga 10 ribu rupiah. Selain dodol, tentu saja bandrek menjadi salah satu oleh-oleh yang khas.

Minuman bandrek ini sekarang sudah tersedia dalam bentuk kemasan sachet dan juga botol. Tentu saja sangat pas untuk dinikmati di tempat yang memiliki suhu yang cukup dingin. Menikmati secangkir bandrek di malam hari bisa menjadi pilihan yang tepat. Untuk bandrek dalam kemasan botol bisa dibeli dengan harga sekitar 7 ribu hingga 15 ribu saja.

3. Tips Wisata Ke Tempat Wisata Ranca Upas Smart Camp Adventure

  • siapkan perlengkapan seperti jaket atau sweater ketika hendak berlibur ke Ranca Upas. Pasalnya cuaca dan juga suhu di tempat wisata hutan lindung ini sangat dingin. Terutama jika hendak menginap atau berkemah di sini. Sehingga jaket atau sweater bisa melindungi dari kedinginan.
  • Jika hendak menginap bersama teman-teman, bisa menyewa tenda di sekitar tempat wisata hutan lindung Ranca Upas. Sesuaikan tenda dengan budget yang tersedia. Pasalnya di tempat wisata ini tidak tersedia ATM dan sinyal internet cukup susah. Jangan sampai dana yang tersedia habis atau kurang.
  • Siapkan perlengkapannya seperti petromax hingga sleeping bag. Cuaca yang dingin dan tidak adanya penerangan, tentu membuat sleeping bag dan petromax bisa memudahkan para wisatawan. Disarankan pula membawa senter agar penerangan lebih maksimal jika ingin ke kamar mandi.
  • Jika ingin menginap di Ranca Upas. Disarankan sejak pagi sudah berangkat ke tempat wisata hutan lindung ini. Jangan berangkat sore hari, pasalnya selama perjalanan menuju ke tempat wisata Ranca Upas ini para wisatawan akan melewati area hutan Ciwidey. Dan di malam hari tempat hutan Ciwidey ini sangat gelap dan minim penerangan jalan. Tentu saja cukup berbahaya dan masih terdapat hewan liar di hutan tersebut. Apalagi jika berangkat sendiri atau menggunakan kendaraan roda dua. Waktu yang pas untuk berangkat menuju ke Ranca Upas ini pada saat pagi hari.
  • Persiapkan segala perlengkapan seperti sepatu hingga pakaian tebal agar tubuh tetap hangat. Selain jaket, pakaian yang tebal bisa membuat tubuh tidak kedinginan. Terutama bagi wanita yang biasanya gemar memakai pakaian minim. Persiapkan pakaian yang tebal. Jangan lupa minuman hangat agar bisa menghangatkan tubuh ketika malam hari tiba. Pasalnya suhu udara di tempat wisata Ranca Upas ini bisa mencapai 0 derajat di waktu-waktu tertentu. Bisa membahayakan tubuh jika terlalu kedinginan.Di pagi hari tempat wisata hutan lindung Ranca Upas ini menyajikan pemandangan yang indah. Tentu saja jangan melewatkan momen tersebut kala berlibur ke sini. Jangan lupa untuk membawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen di sini. Power bank tentu menjadi alat wajib jika berlibur ke tempat wisata hutan lindung

4. Rute Wisata Ke Tempat Keluarga Wisata Ranca Upas

a. Angkutan pribadi

Jika berangkat dari pusat kota Bandung untuk menuju ke tempat wisata Kampung Ranca Upas Ciwidey, para wisatawah harus menempuh jarak sekitar 50 kilometer menuju ke Bandung Selatan. Jika menggunakan kendaraan pribadi diperkirakan akan menempuh waktu hingga 2 jam. Jalan utama yang bisa dilewati oleh para wisatawan adalah jalur lintas selatan Bandung yang menuju ke arah Soreang yang merupakan ibukota Kabupaten Bandung. Dari sini perjalanan dilanjutkan menuju ke arah Ciwidey. Ketika di Ciwidey, para wisatawan bisa mengunjungi beberapa tempat wisata alam lainnya yang cukup dekat seperti Situ Patenggang dan juga Kawah Putih. Pasalnya jarak tempat wisata ini cukup berdekatan. Dari Ciwidey menuju ke tempat wisata Ranca Upas ini hanya sekitar 6 kilometer saja. Dan hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja jika kondisi jalanan lancar dan tidak macet.

b. Angkutan Umum

Untuk menuju ke tempat wisata ini para wisatawan sudah bisa mengakses jalan yang relatif mudah. Bagi para wisatawan yang tidak memiliki kendaraan pribadi dan budget untuk menyewa kendaraan minim, bisa menggunakan alat transportasi umum untuk menuju ke tempat wisata hutan lindung Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey. Jika memakai kendaraan umum, para wisatawan harus menuju ke terminal Bus Leuwipanjang. Dari terminal bis ini perjalanan dilanjutkan menuju ke Ciwidey. Dari arah terminal Ciwidey, para wisatawan bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot yang memiliki jalur langsung menuju ke Kampung Cai Ranca Upas tersebut.

tempat wisata-ranca-upas

Pertanyaan dan sharing seputar tentang tempat wisata ranca upas:

1. Sya mw tanya klo mw camping d ranca upas ada biaya bwat sewa lahan untuk qt camping atw sudah biaya masuk yang perorang 10000..
Jawab : Saya dulu camping, ada biaya masuk 10rb, Camping tambah 20rb, sewa sleepingbed 25rb, sewa tenda 150rb ukuran sedang, 300rb ukuran besar Beli kayu bakar 15rb seikat, kira2 tahan 2jam klo buat api ungun.
2. Mas mau nanya kalau mau camping langsung datang aja apa hrs booking, sama mau tanya kalau datang agak maleman gimana ? Makasih
Jawab : Langsung datang aja mas ke lokasi. Datang agak malaman pun masih oke menurut saya

Review dari sahabat-sahabat kita yang sudah berkunjung dan berkemah di ranca upas :

1. Pessy Indo (1 bulan yang lalu)
Tempat yang bagus buat camping, sebaiknya dipersiapkan jika kita hendak mengalami camping tradisional atau jaman Now. Camping Tradisional, apabila camping tradisional modal membawa tenda dan menyalakan api menggunakan kayu bakar asli untuk memasak makanan. Hal ini sangat dibutuhkan keahlian dan kesabaran, tetapi sangat baik melatih kesabaran anak-anak.

Camping Jaman Now. Apabila membawa makanan siap saji, membawa peralatan BBQ minimalis, membawa mie instan, membuat makanan menggunakan kompor gas camping dan hanya menumpang tidur di Camping Site dalam rangka the Lazy Day.

Fasilitas yang tersedia per 30 Des 2017 sebagai berikut:

Fasilitas KM dengan biaya Rp. 2.000,- untuk sekali masuk.

Fasilitas Kolam Renang air hangat Rp. 15.000,- untuk orang dewasa dan gratis bagi anak-anak dibawah 10 tahun.

Fasilitas memberi makan Rusa. Tempat cukup terawat dan bisa diakses dengan baik dimana rusa-rusa sangat antusias untuk mengikuti anda. Tebak saja apa yg mereka mau.

Fasilitas memanah bagi anak-anak yg memberikan pelatihan konsentrasi dan rasa percaya diri. Hmm menembak pacar contohnya?

Catatan: Petugas sangat antusias membantu anda pada saat di pintu gerbang Rp. 20.000 per orang, kendaraan tinggal lihat list, juga tersedia berbagai pilihan tenda 2 org s.d. 20 org versi sipil, tetapi ada juga tenda peleton versi tentara. Serta tersedia pula kasur permadani dan bantal berwarna Beureum, cocok untuk yg honeymoon.

Selamat Mencoba dan Berekreasi.
Indonesia Damai.

2. Lisvy Nael (2 minggu yang lalu)
Lokasi penangkaran rusa Ranca Upas termasuk jadi yang favorit buat mengenal alam/satwa buat anak-anak, buat preweding, dan buat sekadar main bernuansa alam. Makin populer berkat Raisa yang bikin video klip di situ. Ada rusa kesayangan Raisa, namanya Sule. Masuk ke area cukup bayar Rp 10 ribu. Kalau mau kasih makan rusa beli wortel Rp 10 ribu saru kresek. Untuk prewed, ada ijin lokasi dan bayar sekitar Rp 500 ribu, dan bayar buat pawang senegonya aja

3. Rey Attarayhan ( 2 minggu yg lalu )
Sangat menyenangkan untuk camping bersama keluarga maupun teman atau rekan kerja. Fasilitas lengkap. Tinggal bawa badan pun bisa asal punya uang. Mungkin cuma saran saya area parkir dan area camp dipisah sehingga suasana camping di alam terbuka lebih asik. Jika dicampur. Kesannya lebih ruwet

4. Andrie Chen (3 minggu yang lalu )
Lokasi Camping yang sangat bagus, sayang sekali kadang sabtu minggu suka berubah jadi tempat konser dangdut, dengan genset dan speaker gede, seharusnya tidak boleh diijinkan oleh pengelola, rusanya terganggu, alam terganggu, manusianya juga terganggu, karena camping itu salah satu tujuannya untuk lepas dari hiruk pikuk perkotaan

5. Attaqiy Abdurrahman ( 1 minggu yang lalu)
Seru ngasih makan rusa, main air n berenang juga kemping guysyg bener2 kemping ya. kaliaan bw perlengkapannya disini ada juga sewaan tenda.