Wisata Kampoeng Ciherang Destinasi Wisata Yang Populer Di Sumedang

Diposting pada

Wisata kampoeng ciherang saat ini mulai ramai dikunjungi. Ada apa dengan kampoeng ciherang? Sebelum kami beritahu wisata ciherang sumedang ini, kami ingin memberikan informasi sedikit buat sobat. Karena dibenak kami, rasanya dari awal mengenal wisata di indonesia. Nama wisata dengan label wisata kampoeng atau kampung rasanya sudah banyak sekali. Sobat merasa sependapat ga dengan kami?.

wisata kampoeng ciherang
Jepretan by derisgunawan

Kampoeng wisata seolah-olah, suatu wisata yang dikelola dan berdiri di kampoeng itunya sendiri. Atau wisata yang dibangun, dengan biaya yang dianggarkan oleh warga dan seperangkat desa. Ya dibenak kami, waktu itu seperti yang dijelaskan. Ternyata bukan ya sobat, tetap saja ada pemeran utama dibalik wisata tersebut. Jadi karena wisata kampoeng ciherang ada di jawabarat, jadi kami pengen kasih tau nih label wisata kampoeng di jawa barat. Beberapa tempat wisata di jawa barat, dengan label wisata kampoeng sangat dominan sekali.

1. Kampoeng djamoe organik di bekasi
2. Kampoeng wisata cinangneng di bogor
3. Wisata kampoeng ciherang di sumedang
4. Desa wisata kampoeng sunda siliwangi di bogor
5. Kampoeng budaya di karawang
6. Kampung wisata ciangsana di bogor
7. Kampoeng sadang di purwakarta
8. Kampoeng wisata edukasi di ciseeng
9. Kampoeng oakwood lippo cikarang di bekasi
10. Kampung budaya di karawang
11. Kampoeng air katulampa di bogor
12. Kampung salaka di bogor
13. Kampoeng tulip di bandung
14. Kampoeng bamboo di bandung
15. Kampung bali di garut
16. Kampoeng air argapura di majalengka

Wah masih banyak lagi deh sobat. Mana wisata kampoeng sobat. Ayo sebutkan wisata kampoeng, yang berada di dekat sobat berada. Jangan-jangan taunya pulang kampoeng saja, itupun satu tahun sekali ya. Awas jangan jadi bang toyib, entar lupa sama kampoeng halamannya. Cariinfoyuk wisata ciherang sumedang nya.

Wisata kampoeng ciherang

Wana wisata kampoeng ciherang, sebenarnya sudah dibuka sejak tahun 2016. Namun kondisi populernya, di tahun 2018 ini. Wisata kampoeng saat ini sangat di sukai para wisatawan. Karena wisata kampoeng itu, kental banget dengan nuansa kedesaan dan fasilitasnya pasti bikin kepo. Wisata yang baru di majalengka saja, seperti kampoeng air majalengka. Baru buka sudah banyak sekali pengunjungnya. Keponya dengan wahana air yang disuguhkan. Dan wisata ciseeng bogor, baru buka saja sudah ramai dikunjungi. Yaitu wisata taman kopses atau kampoeng wahana edukasi.

Awal sejarahnya wisata kampoeng ciherang

Yang belum tau seluk beluknya wisata kampoeng ciherang ini, yuk kita intip sedikit. Pada dasarnya wisata alam, sudah pastinya berada di perkebunan, curug, ataupun lahan bebas. Baik diolah secara alami ataupun dibuat menjadi objek wisata. Nah wisata kampoeng ciherang ini, dulunya sebagai wahana edukasi bagi para pelajar. Yaitu tempat camping atau kemah, sebagai sarana belajar ektrakulikuler yang dikenal dengan kegiatan pramuka.

Hutan pinus milik perhutani ini dijadikan tempat kemah, karena sumber daya air yang melimpah dari sungai ciherang. Dan juga adem sekali untuk kegiatan pramuka secara outdoor. Sungai ciherangnya juga, sampai saat ini menjadi sumber irigasi bagi para petani setempat. Lahan yang luas ini menjadi perhatian para pencinta offroad, sebagai medan ajang olah raga motor. Dan pada akhirnya dari hasil rembukan para warga dan pemdes cijambu, mempunyai inisiatif untuk menjadikan tempat wisata. Kisaran kawasan wisata ini, kurang lebih 12 hektar loh sobat.

Kepoin yuk : Pengen Tahu Wisata Kekinian Di Jawa Timur Yang Cocok Untuk Keluarga

Dengan keasrian hutan pinus dan aliran sungai ciherang ini, menjadi daya tarik wisatawan. Perpaduan wisata alam yang langka dengan wisata lainnya. Dengan luas yang hektaran itu, sudah kebayang ga wahana dan fasilitasnya? Yuk kita kepoin wahana dan fasilitas wisata kampoeng ciherang ini.

Apa sih yang bikin kepo di kampoeng ciherang ini ?

Wisata ciherang sumedang ini, lagi-lagi menawarkan wisata alam yang tak tanggung dengan wahana dan fasilitasnya. So pasti wisata ciherang ini membuat wisatawan ingin kembali lagi. Wisata sumedang sudah pasti kalian jejaki seperti curug cijampang, rawa galuga, gobang green pinus, lembah tapak. Saatnya sobat bisa berlibur sama keluarga tercinta di wisata kampoeng ciherang ini. Yuk kita liburan di wekend besok nanti.

Wahana Adrenalin

Bagi anda yang suka dengan permainan adrenalin, saatnya sobat jelajahi wisata di kampoeng ciherang ini. Wahana adrenalin yang ada di wisata ciherang sumedang ini diantaranya, flying fox, jaring laba-laba, minicross, sepeda gantung dan jembatan gantung. Sekali anda bayar, bisa mencoba semua wahana disini. Mana nyalimu, masa kalah sama anak kecil.

tiket masuk wisata kampung ciherang
Jepretan by @sri_asri31

Untuk wahana flying fox sudah disediakan khusus anak-anak, dan ga ketinggalan juga flying fox untuk dewasanya. Wahana aderenalin seperti yang ada di ciherang ini, mungkin sudah tidak asing di telinga sobat. Namun pasti ada sesuatu yang beda, dan mempunyai unsur background yang di tonjolkan. Jika anda suka olahraga panahan dan berkuda, pas banget deh datang ke kampoeng ciherang ini.

Wahana air

Nih dia wisata air, yang sudah pastinya disenangi para anak-anak. Namun disini juga ada wahana air untuk dewasa, seperti arum jeram. Dan untuk anak-anak ada kolam renangnya, ataupun bisa main air di aliran sungai ciherang. Wahana air lainnya ada perahu karet dan kolam rendam.

wana wisata kampung ciherang
Jepretan by @ichapalicha_noor

Untuk kolam renangnnya masih alami dan dingin, terdapat bagian seluncuran. Beberapa segmen kolam dengan kedalaman yang berbeda-beda, cocok untuk anak-anak. Namun satu catatan penting adalah, cuma tersedia dua tempat ganti yang gelap tanpa penerangan. Dan juga tanpa pintu cuma tirai dan tanpa air bilas/shower. To cuman kamar kosong, mungkin bagian ini yang harus dibenahi.

Wahana spot foto

Tak asyik kalau berwisata, tidak ada koleksi foto saat berlibur. Nah di wisata kampoeng ciherang ini, anda akan di manjakan spot foto yang menarik untuk album koleksi sobat.

Kepoin yuk : 87 tempat wisata di bandung yang reviewnya bagus dan murah

Wahana taman wisata

Tidak kalah menariknya wahana permainan anak ini, menjadi salah satu wisata edukasi sambil liburan. Wisata ciherang sumedang ini, menawarkan wahan taman wisata edukasi seperti taman kelinci, taman burung dan taman kupu-kupu. Taman bunga sebagai wahana pelengkap wisata ciherang ini, merupakan bagian wisata spot foto yang instagramable.

Wahana kuliner

Jika anda merasa malas untuk membawa makanan, tidaklah perlu khawatir yah sobat. Karena sobat bisa menikmati makanan, mulai dari yang ringan hingga yang bikin pules tidur. Hehe. Aneka jenis makanan dan jajanan di area dalam wana wisata, harganya standar saja dan cukup bersahabat di kantong.

Fasilitas wisata kampoeng ciherang

Fasilitas merupakan salah satu kendala bagi para wisatawan. Sekalipun tempat wisata yang bagus, namun fasilitas tidak memadai wisatawan pastinya banyak yang ngeluh. Beberapa tempat wisata dengan fasilitas yang tidak mempuni, daya tarik wisata tersebut pastinya akan berkurang. Nah di wisata kampoeng ciherang ini sudah komplit sob. Dimana anda ga perlu khawatir lagi ya, disini sudah disediakan fasilitas parkiran yang luas. Fasilitas lainnya ada MCK ( kamar mandi), mushola dan sampai penginapan.

Fasilitas lainnya juga ada penyewaan tikar dan hammock. Cocok sekali bagi anda yang suka ngecamp disini. Jika anda merasa tidak mempunyai peralatan ngecamp, sudah ada ko tempat penyewaan ngecamp. Dan jika anda juga malas untuk masak-masak saat ngecamp, udah siap ko warung-warung disini standbay menemani anda selama 24 jam. Untuk biaya camp perorangnya Rp. 30.000 + biaya tiket terusan Rp. 30.000, jadi totalnya Rp. 60.000/orang. Jika anda ingin berniat ngecamp saja, dalam artian tanpa tiket terusan hanya Rp. 45.000/orang.

Tiket masuk wisata kampung ciherang

harga masuk kampung ciherang sagat murah sekali sobat. Hanya cukup mengeluarkan Rp. 25,000, hingga Rp. 35.000 saat hari libur. Harga masuk kampung ciherang ini, sudah termasuk tiket untuk satu kali permainan. Yaitu untuk permainan flying fox, renang, bersepeda dan panahan. Untuk wahana lain tetap dikenakan tarif tersendiri, tapi tidak terlalu mahal.

Rute kampung ciherang sumedang

Alamat kampung ciherang sumedang, ya di sumedang.hehe. Tepatnya di desa cijambu kecamatan tanjungsari kabupaten sumedang jawabarat. Untuk menuju lokasi, membutuhkan usaha tersendiri sobat. Karena jika dari jalan raya Tanjungsari, menuju jalan pedesaan sekitar 9 KM. Dimana kondisi jalannya kadang bagus, kadang jalannya rusak dan kadang jalannya sempit. Dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 40menitan, hingga 1 jam. Sebaiknya bagi anda yang ingin berkunjung, datanglah jam 07.30 pagi. Supaya mendapatkan parkir yang nyaman dan mendapatkan udara pagi yang sangat sejuk segar.

Jika anda ingin menjajal jalur dari rancakalong, jalannya bagus dan di cor. Tapi ada tapinya ya sobat, jalur ini hanya cukup untuk satu mobil. Jadi kalau berpapasan dengan motor saja agak sulit, apalagi kalau berpapasan dengan mobil. Ga kebayang deh harus gimana, dan ditambah turunan serta tanjakan yang curam. Jadi disarankan Lebih baik lewat jalur tanjung sari, walaupun agak berbatu tapi cukup lebar.

Satu kata untuk pengelola, pelayanan sangat ramah sekali. Dua kata untuk pengunjung, buanglah sampah pada tempatnya. Dan pacaranlah pada tempatnya. Nikah makanya, masa berbuat hal negatif di kerumpunan orang. Tolong untuk pengelola harap diperhatikan, seluk beluk tempat yang sepi. Biar tempat wisata aman dari malapetaka. Dan juga akses menuju wisata diperhatikan, banyak sekali pengunjung yang keberatan dengan akses jalannya. Namun dengan keindahan dalam wisata, menghacurkan kesirnaan jalan yang hancur itu. Kalau kata pepatah mah, “untuk mendapatkan sesuatu yang indah itu butuh perjuangan”. Kaya melamar kamu, prikitiew.