Keindahan Wisata Majalengka Dengan Green Canyonnya Goa Lalay

Diposting pada

Wisata majalengka – Tema yang menarik sekarang ini, kami ingin membahas beberapa curug yang ada di majalengka. Kenapa harus curug majalengka, karena terlintas dipikiran kami bahwasannya majalengka mendapat julukan seribu curug. Kebetulan penulis juga ada yang kelahiran dari majalengka, tepatnya di kecamatan cikijing. Namun, kami akan menjelaskan dalam 1 halaman hanya satu persatu.

wisata-majalengka-goa-lalay
jepretan @arispriyandoko

Nah sobat semua kali ini akan bahas yang namanya green canyon yang ada di majalengka. Green canyon sebutan para orang turis, karena dari suku katanya saja berbahasa inggris. Green itu hijau, sedangkan canyon itu ngarai, jurang atau lembah. Jadi dinamain green canyon itu lembah dengan air yang berwarna kehijauan.

green-canyon-pangandaran
jepretan @gammarizaldy

Green canyon di indonesia tidak kalah menariknya dengan green canyonya amerika. Indonesia memiliki 3 green canyon diantaranya di pangandaran, bogor dan terakhir di majalengka. Saat ini yang paling terkenal di indonesia adalah green canyon di pangandaran ciamis. Green canyon di pangandaran sudah lama sekali, dari sejak jaman presiden suharto. Green canyon pangandaran sebenarnya dikenal para warga itu cukang taneh, yang berarti jembatan yang terbuat dari tanah. Saking kelamaan oleh proses alam, sehingga membentuk jembatan dengan tekstur stalakit dan stalamit. Jadi green canyon hanya pemberian nama orang perancis yang menemukan cukang taneuh pangandaran.

Nah kalau yang di bogor beda lagi ceritanya, green canyon bogor ini nama lain dari curug leuwi hejo. Namun untuk curug leuwi hijau ini, tidak sebagus dengan green canyon pangandaran. Karena curug ini tidak sepanjang dan selebar cukang taneuh. Ketika sobat berkunjung kesini sobat tidak hanya menikmati curug leuwi hijau, karena di bogor tepatnya di sentul ada 4 curug lainnya. Diantaranya curug barong, curug leuwi cepet, curug curug lewi liyek dan curug kembar. Masing-masing dari curug tersebut berbesa karakter dan mempunyai keindahan tersendairi. Itulah green canyon pangandaran dan green canyon bogor.

green-canyoon-sentul-bogor-curug-leuwi-hejo
jepretan @antotristan

Selanjutnya kita bahas yang dinanti-nanti, yaitu green canyon majalengka. Seperti apa sih kelebihan green canyon di majalengka selain grenn canyon pangandaran dan bogor.

Pesona Green Canyon Wisata Majalengka

Mungkin sobat merasa aneh atau kurang tahu tentang green canyon majalengka, saat menambah tempat wisata green canyon di indonesia. Saat ini mungkin hanya warga majalengka para pengunjungnya, dan kemungkinan akan di kembangkan oleh para warga atau pemerintah setempat. Green canyon majalengka ini, nama lain dari goa lalay. Karena goa ini terdapat kehidupan lalai atau kelelawar. Setiap waktunya kelelawar ini hinggap pada bebatuan atau gua ini. Keindahan didalamny sama halnya seperti green canyon pangandaran.

wisata-majalengka-green-canyon-Goa-Lalay
Jepretan Ranar Pradipto

Gua lalay mempunyai struktur sungai dengan aliran air yang kehijauan dari cilongkrang. Aliran sungai ini diapit oleh tebing batu kehijauan yang terlihat mempesona, membentuk ukiran batu. Kesejukan akan terasa ke ubun-ubun, karena suhunya dingin sekali.

Dibalik keindahan yang terhampar, sobat juga akan menikmati embunnya terjuan dengan kilauan air terjun pelangi. Nampak jelas saat matahari memancarkan sinarnya pada air terjun. Keindahan yang sangat menggugah dalam liburan di tempat ini. Curug ini dikenal dengan air terjun ibun pelangi atau curug embun pelangi. Mungkin yang sudah terkenal dengan curug pelanginya yaitu curug rainbow waterfall yang mana berada di bandung, namun kita saatnya curug ibun akan siap menjadi pesaing curug pelangi bandung.

Asal muasal curug ibun pelangi

Asal muasal curug ibun pelangi menurut dyaiganov dari situsnya, Curug Ibun berasal dari Sungai Cilongkrang yang mengalir dari kaki Gunung Ceremai. Pada satu bagian dasar Sungai Cilongkrang, batuan dasar sungainya tidak terlalu tahan terhadap aliran air, sehingga runtuh. Runtuhnya bagian dasar Sungai Cilongkrang ini kemudian menimbulkan erosi vertikal. Erosi vertikal inilah yang hingga saat ini lebih dikenal sebagai Curug Ibun. Proses tergerusnya dasar sungai yang tidak kedap air hingga terjadi runtuhnya dasar sungai dan erosi veritkal ini terjadi selama berjuta tahun lamanya.

wisata-majalengka-curug-embun-pelangi
jepretan @oktavianur33

Aliran Sungai Cilongkrang yang runtuh kemudian mengalir di bawah batuan beku yang berasal dari aliran lava Gunung Ceremai sehingga lama kelamaan, batuannya tergerus dan membentuk lorong yang saat ini dapat dilihat di area Curug Ibun dengan ketinggian sekitar 20 m. Dinding di bagian kanan dan kiri aliran Sungai Cilongkrang membentuk guratan-guratan pada batuan yang hampir serupa satu sama lain.

Kondisi ini menandakan bahwa area di sekitar Curug Ibun berada di daerah yang lemah terhadap pergerakan (dari dalam bumi). Secara morfologi, Sungai Cilongkrang termasuk ke dalam Sungai Stadia Muda. Sungai Stadia Muda bercirikan banyaknya jeram atau erosi vertikal, yang dapat dilihat dari keberadaan Curug Ibun sebagai hasil dari erosi vertikal di aliran Sungai Cilongkrang.

Nah jika sobat penasaran bisa menjadi referensi saat liburan. Saat ini tempat wisata green canyon majalengka membeludak pengunjungnya. Untuk lokasi wisata bisa sobat tempuh 3 km dari kota maja, tepatnya lokasi tersebut d desa sukadana kecamatan argapura kabupaten majalengka.

Rute jalan meunuju curug embun pelangi

Untuk akses ke green canyon majalengka, mungkin saat ini belum ada kendaraan sampai tempat tujuan. Tapi sobat bisa ikuti rute jalan ini.

Jakarta – Curug ibun pelangi

Kendaraan umum

Sobat bisa naik bis luragung (sudah tersedia dibeberpa terminal di jakarta) turun di cikampek, sekarang sobat harus menaiki bis perempat (berkah jaya, widia dan bintang sanepa) yang arah majalengka tepatnya cikijing, sobat minta turun di terminal maja, lalu naik ojek menuju arah argalingga (minta berhenti karena tujuan mau kecurug ibun). Untuk menuju curugnya sobat akan melewati ladang warga setempat. Seterusnya sobat akan menuruni beberpa anak tangga mencapai curug. Jika sobat masih binggung bisa bertanya pada warga sekitar, karena warga sekitar akan senang hati menjawabnya.

Kendaraan pribadi

Untuk lebih jelasnya sobat bisa mengikuti google maps disini.

Bandung – curug ibun

Kendaraan umum

Untuk rute dari banung akan mudah sekali, karena banyak mobil elf tiap jamnya hilir mudik diantaranya elf buhe jaya dan rukun wargi, sobat minta turun di terminal maja, lalu naik ojek menuju arah argalingga (minta berhenti karena tujuan mau kecurug ibun). Untuk menuju curugnya sobat akan melewati ladang warga setempat. Seterusnya sobat akan menuruni beberpa anak tangga mencapai curug. Jika sobat masih binggung bisa bertanya pada warga sekitar, karena warga sekitar akan senang hati menjawabnya.

Kendaraan pribadi

Untuk lebih jelasnya sobat bisa mengikuti google maps disini

Tips berkunjung ke curug embun pelangi

  • usahakan saat musim terang atau kemarau, karena debit air sangat besar saat musim hujan. Dibalik itu juga jika saat terang sobat akan menikmati pelangi dari pancaran matahari.
  • Berhati-hati saat naik turun tangga, karena kondisinya licin.

Nah itulah keindahan wisata majalengka dengan green canyonnya goa lalay, semoga sobat bisa mengunjunginya.selamat berlibur bersama keluarga tercinta.