WOW INILAH CARA BAIK MEMBANGUN SIKAP ASERTIF UNTUK ANAK

Diposting pada

Seperti biasa kami ingin dulu bertanya pada sahabat cariinfoyuk.com, bagaimana kabar semuanya, semoga dalam lindungan allah swt sehat lahir dan bathin untuk kita semua,aamiin. Sifat mengalah terhadap temanya itu baik sekali tapi mereka juga perlu sikap asertif untuk bisa lebih percaya diri, jika ini terjadi pada anak anda coba cara ini kita bantu menumbuhkan sikap asertifya.

gambar-ilustrasi-kids-jaman-now
image via thetanjungpuratimes.com

Masa kecil yang sangat bahagia, bermain adalah bagian dari waktunya, kadangkala saat bermain ada bersifat egois yang ingin selalu dia-dia saja memainkannya, sementara anak kita hanya bisa terdiam dan menangis karena takut akan temanya, selalu mengalah walaupun diserobot sama temenya bahkan tidak bisa memainkannya karena kemanisan anak kita ini tidak mau memperlihatkan usahanya untuk mempertahankan bagian rolingan bermain.

Jika kondisi anak kita saat seperti ini bantulah untuk bisa adaptasi dan tumbuhkan pada anak kita agar bisa lebih mempertahankan bagian dari maianan dari anak lainnya, inilah kiat-kiat menumbuhkan sikap asertif untuk anak kita agar secepatnya berdaptasi :

WOW INILAH CARA BAIK MEMBANGUN SIKAP RASA MEMPERTAHANKAN DIRI (ASERTIF) UNTUK ANAK

anak-asertif
image via ngopy.com

Pertama, tumbuhkan rasa percaya diri pada anak dengan pola tingkah laku yang baik dan didasari akhlak yang baik. Jika merasa takut tidak bisa memainkan permainanya dan selalu diserobot sama yang lainya, jelaskan bahwa dia bisa memainkan permainannya jika kita ngantri, kita baik sama teman dan memberikan kesempatan kepada teman yang belum memainkanya.

Kedua, berikan kebebasan untuk saling interaksi dengan teman sebayanya. Bukan berarti mereka tidak mau berteman, terkadang kita sebagai orang tua terlalu protektif ketika anak ingin bermain, karena kekekhawatiran yang dirasakan, padahal untuk menubuhkan kepercayaan diri mereka akan terjadi ketika mereka bisa berinteraksi dengan temannya, karena sianak akan mengetahui sifat daripada temanya, dengan begitu mereka tumbuh sendiri, cepat beradaptasi dan sikap asertif akan berkembang.

Ketiga, berani menolak dengan berkata “tidak”. Ketika anak kita disuruh yang tidak sesuai dengan norma dan keyakinan pada sianak, maka berawal dengan berkata “tidak” berarti anak kita mempunyai asertif yang tumbuh baik, karena mereka akan berperan dan berhak melaukan sesuatu sesuai keinginan sianak.

Keempat, Ajarkan sesuatu hal pada tempatnya. Tidak sekedar berani menolak berkata tidak tapi perlu sesuatu hal pada tempatnya saat dimana sianak harus mengucapkan kata tidak, berikan penjelasan kepada sianak, kapan mereka harus mengalah dan kapan sianak harus dapet giliran mainnya, ketika sianak mengucapkan “tidak” berikan pernjelasan, ucapan tidak ketika anak lainnya menyuruh yang tidak sesuai norma atau melakukan yang tidak baik.

Kelima, berikan dukungan saat anak punya ide. Komunikasi dan pola asuh orang tua sangat berpengarug sekali untuk berkembangnya sikap asertif buat sianak, karena kedekatan anak dengan orang tua akan menumbuhkan rasa percaya diri yang kuat. Selalu support disaat anak kita mempunyai ide, maka mereka akan selalu semangat dan yakin akan keinginan mereka pasti bisa ditempuh.

Keenam, hargai usaha yang dilakukan sianak. Ini adalah tolak ukur sianak, karena ketika mereka berhasil atau tidaknya hasil, mereka pasti ingin sekali disanjung dan dimotivasi setelah mereka berusaha melewatinya. Jangan terlalu banyak mengkritik atas usahanya tapi selalu support dan motivasi sianak, akan mereka tetap semangat.

anak-asertif-dan-solusinya
image via rumahkandara.com

Sudahkan melakukan ini kepada anak-anak tecinta kita, jika belum segeralah mendampingi anak kita untuk masa depan yang lebih buat anak-anak kita.

Terima kasih
Semoga bermanfaat dan jika perlu share, mungkin diantara kerabat dan sahabat kita memerlukannya.